Bagikan:

JAKARTA - Google memperkenalkan dua fitur baru untuk pengalaman belanja online yang dirancang untuk membantu pengguna mencari pakaian dengan lebih rinci dan memvisualisasikan lebih baik bagaimana pakaian akan terlihat pada berbagai jenis tubuh.

Mulai hari ini, pengguna Google Shopping di Amerika Serikat dapat mengakses pengalaman virtual try-on yang menampilkan dengan realistis bagaimana pakaian akan terlihat pada sekelompok model manusia asli.

Model-model ini tersedia dengan berbagai warna kulit, etnisitas, jenis rambut, dan bentuk tubuh, dengan rentang ukuran mulai dari XXS hingga 4XL untuk membantu pengguna melihat bagaimana pakaian akan terlihat pada jenis tubuh yang mirip dengan mereka sendiri.

Awalnya, hanya atasan wanita dari sejumlah merek seperti H&M, Anthropologie, Everlane, dan Loft yang akan tersedia untuk pengalaman virtual try-on ini, dengan Google mengklaim bahwa atasan pria dan "pakaian lainnya" akan tersedia pada suatu saat nanti tahun ini.

Fitur ini dirancang untuk membantu pembeli menghindari kekecewaan dengan memvisualisasikan secara akurat bagaimana pakaian akan terlihat sebelum mereka membelinya.

Perusahaan tersebut mengklaim, dengan merujuk pada data belanja mereka sendiri, bahwa 59 persen pembeli online merasa kecewa dengan pembelian pakaian karena mereka mengharapkan tampilannya berbeda pada tubuh mereka, dan 42 persen merasa tidak diwakili oleh model pakaian online.

Pengguna Google Shopping dapat memilih "coba pada model" pada daftar atasan wanita di merek yang didukung seperti Anthropologie, dengan berbagai opsi yang tersedia untuk setiap ukuran tubuh.

Pengalaman virtual try-on baru Google Shopping menggunakan model AI generatif berbasis difusi, yang dilatih dengan menambahkan noise Gaussian ke gambar (piksel acak) yang kemudian dipelajari oleh model untuk menghapus noise tersebut dan menghasilkan gambar yang realistis.

Proses ini memungkinkan model AI Google untuk menggambarkan dengan realistis bagaimana pakaian akan berkerut, melipat, menggantung, melekat, dan meregang pada berbagai model yang beragam, terlepas dari sudut atau pose yang mereka ambil. Untuk menjelaskan, model pada Google Shopping bukanlah hasil generasi AI. Namun  AI hanya digunakan untuk membentuk pakaian di sekitar gambar model manusia ini.

Filter baru juga diperkenalkan di Google Shopping hari ini yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari, seperti alternatif yang serupa tetapi lebih murah untuk kemeja atau jaket dengan pola yang berbeda.

Pembelajaran mesin dan algoritma pencocokan visual memungkinkan pengguna untuk menyempurnakan masukan seperti warna, gaya, dan pola di berbagai toko pakaian online untuk menemukan barang yang paling cocok dengan kebutuhan mereka. Fitur ini sudah tersedia dalam daftar produk di Google Shopping dan juga terbatas pada atasan — Google belum menyebutkan kapan fitur ini akan diperluas ke jenis pakaian lainnya.

Sebelumnya, pada bulan Maret, Levi's juga mengumumkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk memperluas opsi pemodelan dalam belanja online. Namun, berbeda dengan Google, merek denim tersebut mengatakan akan menguji penggunaan model yang dihasilkan oleh AI, awalnya menyebutnya sebagai upaya untuk "mendiversifikasi" pengalaman belanja Levi's.

Namun, setelah pengumuman itu menuai protes, Levi's menarik kembali pernyataan tersebut, tetapi tetap berpendapat bahwa penggunaan model yang dihasilkan oleh AI akan memungkinkan merek ini untuk "mengunggah lebih banyak gambar produk kami dengan berbagai jenis tubuh secara lebih cepat."