Intel Pamer Prototipe CPU Meteor Lake dengan Dukungan AI
Intel menjalankan prototipe CPU , terintegrasi dengan Vision Processing Unit (VPU) baru generasi ketiga Movidius. (foto: dok. Intel)

Bagikan:

JAKARTA - Selama pergelaran Computex di Taipei, Taiwan, banyak perusahaan yang memamerkan produk baru mereka. Tapi yang paling menggoda adalah Intel dengan arsitektur CPU Meteor Lake-nya.

Pada pameran dagang itu, Intel mendemonstrasikan laptop yang menjalankan prototipe CPU anyar tersebut, terintegrasi dengan Vision Processing Unit (VPU) baru generasi ketiga Movidius.

Tujuan VPU, pada gilirannya, adalah untuk menyediakan opsi rel ketiga untuk pemrosesan AI. Perangkat keras VPU dibuat menggunakan pemrosesan Advanced Blue lebih baik daripada chip tanpa VPU, yang hanya menghabiskan seperlima dari konsumsi daya.

Lewat VPU, Intel juga membawa program teks-ke-gambar Stable Diffusion AI untuk menghasilkan pemrosesan karya seni yang lebih cepat.

Prosesor khusus ini dirancang untuk menangani beban kerja AI tertentu jauh lebih efisien daripada CPU tujuan umum atau bahkan GPU, sehingga memungkinkan beban kerja semacam ini berjalan secara lokal di komputer.

Meteor Lake turut memanfaatkan proses manufaktur Foveros milik perusahaan untuk menumpuk beberapa lapisan chiplet (ubin terpisah) yang dibuat oleh Intel sendiri pada proses manufaktur Intel 4 baru serta yang dialihdayakan ke TSMC, untuk pertama kalinya dan menandai jalan awal untuk segmen klien.

Desain chiplet ini memungkinkan manajemen daya tingkat lanjut, yang artinya setiap ubin dapat ditargetkan secara individual untuk beban kerja tertentu.

Masih dalam demo, terdapat juga GPU baru dengan Intel akhirnya menghadirkan grafik Arc ke arsitektur terintegrasi, termasuk dukungan untuk X12 Ultimate, ray tracing, serta XeSS dalam desain berdaya rendah.

Meteor Lake memiliki 16 core dan 22 thread, termasuk dalam konfigurasi 6+8 dengan keuntungan dalam aplikasi di sisi klien, meliputi efek audio yang disempurnakan, efek gim, asisten AI (Microsoft 365 Copilot) serta membawa AI secara lokal ke mesin klien. Tetapi belum ada detail lebih lanjut apakah ini akan berubah ketika diluncurkan.

Rencananya, Meteor Lake akan dirilis sebagai bagian dari keluarga Intel Core Generasi ke-14 mulai akhir tahun ini. Demikian dikutip dari Gagdet360 dan XDA Developers, Selasa, 30 Mei.