WhatsApp akan Bawa Fitur Zoom dan Teams yang Bisa Berbagi Layar saat Panggilan Video
WhatsApp ingin mengubah aplikasinya seperti Zoom dan Microsoft Teams, yang dapat berbagi layar dengan pengguna lain. (foto: dok. WABetaInfo)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp sepertinya ingin mengubah aplikasinya seperti Zoom dan Microsoft Teams, yang dapat berbagi layar dengan pengguna lain.

Aplikasi perpesanan milik Meta itu dikabarkan sedang mengerjakan fitur Share Screen atau Berbagi Layar untuk pengguna Android.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur ini nantinya akan merekam dan menampilkan konten layar pengguna dengan siapa pun yang berada di panggilan video.

Untuk menggunakan fitur, pilih opsi baru dengan ikon ponsel dan tanda panah keluar, setelahnya akan muncul permintaan izin untuk membagikan layar kepada pengguna di panggilan video, kemudian klik mulai sekarang.

WhatsApp akan memiliki akses ke apa pun yang ditampilkan di layar pengguna. Fitur Berbagi Layar ini cukup membantu ketika pengguna ingin mendiskusikan beberapa slide atau dokumen penting melalui panggilan video WhatsApp.

Selain itu, fitur tersebut juga dapat membantu teman atau keluarga yang ingin mendiagnosis beberapa masalah pada ponsel mereka dari jarak jauh.

Saat ini, fitur Berbagi Layar masih dalam versi beta dengan pembaruan Android v2.23.11.19. WhatsApp bukan pencetus dari fitur ini untuk aplikasi perpesanan.

Ada pun Telegram, FaceTime, Google Meet, dan aplikasi perpesanan populer lainnya sudah menawarkan opsi berbagi layar yang serupa.

Untuk alasan keamanan dan privasi, fitur Berbagi Layar tidak menampilkan konten dari aplikasi yang menyetel FLAG_Secure, mencegah pengguna mengambil tangkapan layarnya.

Terutama, pengelola kata sandi dan aplikasi streaming menggunakan tanda ini untuk mencegah pembagian konten mereka secara tidak sah, seperti dikutip dari Android Police, Selasa, 30 Mei.

Tak hanya Berbagi Layar, beta WhatsApp terbaru juga mengubah urutan bilah navigasi bawah. Biasanya, terdapat opsi Obrolan, Komunitas, Status, dan Panggilan, beberapa pengguna sekarang melihat tab yang diatur dalam urutan Obrolan, Panggilan, Komunitas, dan Status.