Bagikan:

JAKARTA – Penggemar balapan Formula One (F1) kali ini dapat bergembira dengan rencana hadirnya tiket dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT). Rencananya tiket digital ini akan bisa diakses pada balapan keenam F1 Grand Prix Monaco. Tidak hanya itu, tiket NFT ini mendukung sejumlah akses penting bagi pemiliknya.

Hal ini sejalan dengan upaya negera-negara Eropa yang telah mengesahkan aturan mengenai aset digital dalam Markets in Crypto-Assets Act (MiCA). Dampak positifnya, sejumlah platform tiket olah raga dari berbagai negera mulai memanfaatkan NFT sebagai tiketnya.

Bersamaan dengan itu, salah satu platform pembelian tiket global, Platinum Group telah bermitra dengan Elemint, perushaan blockchain yang fokus pada pengembangan NFT. Tidak hanya itu, Platinum juga menjalin kemitraan dengan agensi pemasaran dan pengembangan Web3, Bary. Hal ini ditujukan untuk menghadirkan layanan dan distribusi tiket NFT.

Pendiri Bary, Elie Zerbib, menyatakan bahwa pemegang NFT akan mendapat tawaran eksklusif seperti bisa menghadiri perayaan kejuaran Grand Prix edisi ke-69. Tidak hanya itu, pemegang tiket NFT F1 ini juga berpeluang mendapatkan lebih banyak hadiah dalam berbagai acara di masa F1 di masa depan.

"Dengan memberikan pengalaman yang benar-benar mulus di situs web utama, pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan tentang Web3 untuk membeli tiket NFT," kata Zerbib dikutip dari DailyCoin. Dia menambahkan, “Kami membuat pengguna memahami manfaat yang didapat dari jenis tiket baru ini dan membawa mereka dalam perjalanan yang akan mengubah pengalaman F1 mereka."

Sebagai informasi, tiket NFT ini rencananya akan dicetak (mint) di blockchain Polygon (MATIC), jaringan layer-2 Ethereum. Menurut Jacques-Henri Eyraud, CEO Elemint, penggunaan NFT dalam industri olahraga merupakan hal yang revolusioner dalam melibatkan penggemar.

"Teknologi Web3 memungkinkan untuk merancang solusi tiket yang lebih aman dan lebih disesuaikan dengan kekhususan setiap acara," kata Eyraud. "Pengalaman menjadi lebih personal dan menyenangkan bagi para penggemar semua jenis kompetisi olahraga."

Langkah ini merupakan hal yang positif bagi industri olah raga dan NFT. Dengan tiket yang dicetak di blockchain, memungkinkan pemiliknya untuk memiliki koleksi seni digital NFT dan mengakses berbagai acara penting lainnnya.