Mata Uang Kripto Lewat NFT Terus Merambah Dunia Balap Formula 1
Bybit, kini menjadi sponsor tim Oracle Red Bull Racing di F1. (foto: twitter @redbullracing)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto telah mengambil alih dunia, dan balapan Formula 1 tidak terkecuali juga menerima gangguan tersebut. Dari token nonfungible (NFT) dan token penggemar hingga kemitraan multi-tahun, komunitas uang kripto terus mendukung lanskap F1 dalam berbagai cara.

Grand Prix Monaco 2022 melihat kru pit tercepat F1, Oracle Red Bull Racing (ORBR), bermitra dengan pertukaran crypto Bybit untuk meluncurkan koleksi NFT 2022 ORBR yang dicetak di blockchain Tezos. Koleksi NFT edisi terbatas tersedia melalui lelang, di mana penawar dapat mengumpulkan koleksi digital yang mewakili berbagai aspek masa lalu, sekarang, dan masa depan Red Bull.

Berbicara kepada pemimpin redaksi Cointelegraph, Kristina Cornèr, salah satu pendiri dan CEO Bybit, Ben Zhou, mengatakan bahwa F1 memiliki hubungan simbiosis dengan crypto karena kemitraan antara kedua industri yang menarik investor muda ke dalam basis penggemar F1:

“Formula 1 adalah penantang norma, dan itu sangat cocok dengan crypto. Ini adalah sinergi yang sangat besar yang kami lihat,” kata Zhou, dikutip dari Cointelegraph.

Secara paralel, Bybit menayangkan perdana The Search for the Next Level, sebuah film yang dibintangi oleh pembalap Red Bull Max Verstappen dan Sergio “Checo” Pérez, yang mengitari peluncuran mobil RB18 baru.

Aston Martin F1, juga, menandatangani kesepakatan kemitraan multi-tahun dengan pertukaran crypto Crypto.com untuk mengeksplorasi keterlibatan penggemar dan inisiatif investasi. Pasar NFT dari Crypto.com terus menjadi tempat tujuan untuk airdrop Aston Martin NFT dan koleksi edisi terbatas.

Tahun ini, raksasa kripto Binance juga bermitra dengan Tim Alpine F1 untuk mengeluarkan airdrop dan koleksi NFT. Mereka telah membawa keterlibatan penggemar kripto dan F1, ke tingkat berikutnya, Binance mengadakan acara pada 20 Mei, yang memungkinkan satu penggemar mengalami kehidupan mekanik F1 Alpine.

Sebelumnya, Cointelegraph melaporkan keseluruhan kemitraan crypto-F1 pada Maret 2022. Beberapa kolaborasi terkemuka yang aktif selama Grand Prix Monaco 2022 adalah Ferrari dan perusahaan blockchain Velas, Mercedes dan pertukaran crypto FTX, dan memecoin yang terinspirasi Alfa Romeo dan Shiba Inu- (SHIB) Floki Inu (FLOKI).

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh raksasa fintech Deloitte mengungkap potensi blockchain dan cryptocurrency, serta bagaimana hal itu dapat membuka pasar baru dan peluang pendapatan untuk industri olahraga:

“Perhubungan akan terbentuk di sekitar koleksi olahraga, tiket, taruhan, dan permainan. Kami baru mulai melihat potensinya mata uang kripto, serta pasar baru yang bisa dituju,” kata sumber di Deloitte.

Studi ini juga menyoroti kemungkinan pasar baru yang memungkinkan “kepemilikan pecahan tiket musiman dan suite dan penemuan kembali proses penjualan kembali tiket.”