Meta Memperkenalkan Penempatan Iklan di Hasil Pencarian Instagram melalui Instagram Marketing API
Meta hadirkan iklan di hasil pencarian Instagram (foto: Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Pada bulan Maret kemarin, Meta mengumumkan uji coba baru untuk menghadirkan iklan di hasil pencarian Instagram. Dan sekarang, penempatan iklan baru ini sudah tersedia melalui Marketing API. 

"Mulai hari ini, kami mengizinkan iklan di hasil pencarian Instagram melalui Instagram Marketing API. Penempatan iklan baru ini akan tersedia di semua versi Marketing API saat ini, dan tidak memerlukan peningkatan," tulis perusahaan dalam blognya, dikutip Jumat, 26 Mei. 

Maka dari itu, dengan adanya penempatan iklan baru ini, pengguna Instagram kini akan melihat iklan muncul di umpan hasil pencarian mereka.

Misalnya, jika Anda menelusuri "Skincare", maka Anda akan melihat iklan yang relevan dalam umpan hasil penelusuran. Anda dapat mengetahui perbedaan antara iklan dan postingan biasa melalui label “Bersponsor” di bawah nama akun.

"Dengan tambahan baru ini, Anda akan dapat memperbarui aplikasi Anda untuk memungkinkan klien Anda membuat dan mempratinjau iklan di hasil pencarian Instagram melalui API," jelas Meta. 

Penempatan iklan baru ini berfungsi sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan Meta untuk menarik pendapatan pada saat perusahaan bergulat dengan permintaan iklan yang lemah. 

Setelah melaporkan penurunan penjualan iklan selama tiga kuartal berturut-turut, pendapatan iklan perusahaan meningkat sekitar 4,1 persen pada kuartal pertama tahun 2023.

Saat mengumumkan iklan di hasil pencarian, jejaring sosial tersebut juga meluncurkan Iklan Pengingat, yang dirancang untuk memudahkan bisnis mengumumkan, mengingatkan, dan memberi tahu orang-orang tentang acara atau peluncuran mendatang yang mungkin menarik bagi mereka. 

Fungsi dari Iklan Pengingat ini adalah untuk membantu pengiklan membangun kesadaran dan antisipasi untuk acara mendatang. Pengguna dapat memilih pengingat dan menerima tiga notifikasi dari Instagram: pengingat satu hari sebelum acara atau peluncuran, 15 menit sebelum dan pada saat acara atau peluncuran.