Bagikan:

JAKARTA – Raksasa perusahaan pembayaran lintas batas berbasis blockchain, Ripple dikabarkan turut serta dalam mendanai pengembangan infrastruktur generasi internet berikutnya, Web3. Ripple menjadi peserta utama dalam pendanaan senilai 40 juta dolar AS (Rp596 miliar) untuk Dispersion Capital.

Informasi tersebut diumummkan oleh Dispersion Capital. Rencananya, pendanaan itu akan digunakan untuk meningkatkan ekosistem Web3 yang mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Informasi saja, Dispersion Capital adalah perusahaan modal ventura tahap awal yang fokus pada investasi pengembangan teknologi terdesentralisasi. Desentralisasi merupakan prinsip utama dalam Web3. Hingga saat ini Dispersion Capital berhasil mendanai sekitar 20 perusahaan Web3. Tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan tersebut mendapat suntikan dana tambahan setelah menerima investasi tahap awal.

Menurut laporan U.Today, Patrick Chang selaku pendiri dan mitra pengelola Dispersion Capital mendapat pujian karena kemampuannya dalamm mengidentifikasi talenta yang menjanjikan bagi industri Web3.

Sebelumnya, Chang memimpin investasi blockchain di Samsung Next. Keahlian dan pengalamannya ini diakui oleh Circle Ventures, yang juga merupakan peserta dalam pendanaan ini. Circle Ventures menekankan fokus Dispersion Capital dalam mengatasi kesenjangan infrastruktur dan mendukung para pengembang di ekosistem web3.

Tujuan utama dari Dispersion Capital adalah menjadi katalis dalam pengembangan aplikasi terdesentralisasi yang fungsional, skalabel, dan dapat diakses. Namun, saat ini masih terdapat pertanyaan tentang sejauh mana kematangan infrastruktur web3 dan keberhasilan implementasi web generasi berikutnya.

Circle Ventures menyambut baik upaya Dispersion Capital dan antusias untuk melihat dampak yang akan ditimbulkan oleh perusahaan ini pada ekosistem web3.

Di sisi lain, Disepersion Capital tidak hanya mendapat suntikan dana dari Ripple tapi juga dari perusahaan-perusahaan terkemuka lainnya seperti Faction, Lightspeed, Wemade, Alchemy Ventures, Hashkey, Forte, dan sebagainya.

Tentunya hal ini menunjukkan dukungan yang besar dari berbagai pihak, terutama  terhadap perkembangan infrastruktur web3. Para peserta dalam pendanaan ini percaya bahwa melalui investasi yang tepat, mereka dapat membantu mengisi kesenjangan infrastruktur dan mendorong kemajuan aplikasi terdesentralisasi di masa depan.