Bisa <i>Gak</i> Kapasitas Penyimpanan YouTube Penuh Jika YouTuber Sering <i>Upload</i> Video
Platform YouTube (Photo by Nordwood Themes on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube merupakan platform berbagi video terbesar di dunia. Banyak pengguna internet menghabiskan waktunya untuk menonton tayangan video yang diunggah ke YouTube.

Tak sedikit YouTuber yang rutin mengunggah videonya ke YouTube, entah itu Vlog, review gadget atau kendaraan, hingga tayangan streaming game online. Lantas, apakah kapasitas penyimpanan YouTube akan habis atau kepenuhan, bila YouTuber sering upload video?

Jawabannya, tidak. Pasalnya, Youtube merupakan bagian dari Google, sehingga media penyimpanan mereka akan sama-sama menggunakan Google Data Center yang berbasis Cloud.

Pusat data cloud Google tersebar hampir di seluruh dunia dan telah online sejak tahun 2017. Selain berada di Amerika Serikat, Eropa Barat, dan Asia Timur, Google juga memiliki pusat data Cloud baru di Frankfurt, London, Mumbai, Singapura, Sydney, dan Sao Paulo

Salah satu lokasi Google Data Center

Termasuk beberapa daerah lainnya di Finlandia, California, Belanda, dan Virginia Utara. Indonesia juga terpilih jadi pusat data center ke-9 yang dibangun Google di Asia-Pasifik.

"Google Cloud hadir untuk mendukung transformasi digital Anda dengan teknologi yang sama, seperti produk kami lainnya seperti Google Search dan Gmail," ujar CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai dalam keynote speechnya, Rabu 24 Juni tahun lalu.

Menurut Pichai, kehadiran pusat data center ini akan memangkas latensi atau jeda proses akses data yang lebih rendah dalam menggunakan layanan Google Cloud. Di mana layanan ini telah tersebar di 24 region dan 27 zona di 17 negara yang ada di seluruh dunia. 

Lantas berapa kapasitas dari setiap data center yang dibangun Google? Jawabannya, belum ada yang bisa memastikan secara akurat. Dirangkum dari berbagai sumber, kapasitas yang bisa ditampung data center Google ini bisa menyimpan data sebesar 10-15 Exabytes (1 Exabytes = 1 Juta Terabytes)

Tentunya Google juga mengalokasikan ruang penyimpanan data untuk YouTube yang jumlahnya tentu tidak sedikit. Mengingat youtube adalah platform yang memakan banyak data. 

Bahkan secara statistik, tercatat hingga saat ini sebanyak 300 jam video di-upload ke YouTube setiap menit-nya. Hampir 5 miliar video ditonton di Youtube setiap hari dan lebih dari 30 juta pengunjung per hari. Sebagaimana dirangkum dari laman Biographon.

Artinya dengan asumsi Google akan menambah data center seiring dengan peningkatan kebutuhan penyimpanan. Pastinya para Youtuber tidak perlu khawatir dengan ruang penyimpanan data dari video yang diunggah.