Canton Network, Jaringan Blockchain Baru yang Dikembangkan oleh Raksasa FinTech
Pemilik sekaligus CEO ARK Investment, Cathie Wood. (foto: twitter @CathieDWood)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah jaringan blockchain baru yang ditujukan untuk institusi keuangan sedang dalam pengembangan oleh konglomerat peserta di bidang keuangan dan teknologi, termasuk Microsoft dan Goldman Sachs.

Menurut pengumuman pada 9 Mei, Canton Network akan menjadi jaringan blockchain yang memungkinkan privasi dan interoperabilitas untuk mereka yang bekerja dengan aset institusional. Ini akan memungkinkan sinkronisasi pasar keuangan yang sebelumnya terisolasi.

Jaringan ini akan mulai menguji kemampuannya pada bulan Juli, yang meliputi kontrol privasi yang ekstensif dan kemampuan untuk mencapai skala dan kinerja yang dibutuhkan oleh lembaga keuangan besar. Peserta dalam jaringan saat ini termasuk BNP Paribas, Cboe Global Markets, Digital Asset, Paxos, Microsoft, Goldman Sachs, Deloitte, dan lainnya.

Cathy Clay, wakil presiden eksekutif Cboe Global Markets - salah satu mitra dalam proyek ini - mengatakan bahwa ketika teknologi blockchain digunakan, itu dapat secara potensial "membuka" peluang baru di pasar.

"Pembuatan token dari aset dunia nyata dapat menawarkan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menciptakan infrastruktur pasar baru dan mendorong efisiensi dalam perdagangan produk di seluruh dunia," kata Clay dikutip Cointelegraph.

Canton dibangun di atas Daml, bahasa kontrak pintar Digital Asset, yang menciptakan sistem interoperabel di mana "aset, data, dan uang" dapat disinkronkan di aplikasi yang terhubung.

Saat musim dingin kripto menunjukkan tanda-tanda membaik, minat investasi dan industri terus berlanjut dari investor institusional.

Pada Maret lalu, ARK Investment milik Cathie Wood membeli sekitar 18 juta dolar AS (Rp265,6 miliar)  saham Coinbase, yang sama dengan sekitar 269.928 saham. Sebuah studi dari Goldman Sachs yang dirilis pada 8 Mei mengungkapkan bahwa 32% dari kantor keluarga saat ini memiliki investasi dalam aset digital.

Pada 3 Mei, platform token sekuritas INX meluncurkan dompet MPC baru untuk investor institusional untuk mengontrol aset dan akses karyawan ke aset tersebut.