Mastercard Luncurkan Solusi Web3 untuk Verifikasi Pengguna Mata Uang Kripto
Mastercard, raksasa layanan keuangan global, telah meluncurkan solusi Web3 baru. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mastercard, raksasa layanan keuangan global, telah meluncurkan solusi Web3 baru yang bertujuan untuk meningkatkan standar verifikasi pengguna dan "mengurangi kesempatan bagi pelaku jahat" di ruang aset digital. Solusi yang diumumkan pada 29 April ini diberi nama "Mastercard Crypto Credential."

Dalam video penjelasan yang disertakan, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mereka "membangun cara bagi penyedia layanan Web3 dan blockchain untuk membantu mengamankan transaksi antara pengguna, diverifikasi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Mastercard."

Sebagai bagian dari solusi, pengguna akan diberi "pengenal unik kredensial kripto Mastercard," yang pada teorinya memungkinkan orang untuk dengan cepat memverifikasi bahwa alamat yang ingin mereka kirimkan dana kepadanya telah divalidasi oleh Mastercard dan telah beroperasi sesuai dengan standar perusahaan.

"Solusi ini juga dirancang untuk mendukung kepatuhan melalui pertukaran metadata penting yang diperlukan untuk memenuhi peraturan," kata Mastercard, dikutip Cointelegraph. mereka menambahkan bahwa hal ini harus membantu "mengurangi kesempatan bagi pelaku jahat dan risiko dana hilang selamanya."

Oleh karena itu, bahkan jika pelaku jahat berhasil melewati keamanan dan mendapatkan pengenal unik, Mastercard dapat segera mencabut verifikasi mereka jika mereka ditemukan melakukan aktivitas jahat.

Perusahaan tersebut menamai sejumlah mitra di balik solusi ini. Di sisi dompet, Mastercard telah bekerja sama dengan penyedia dompet kripto Bit2Me, Lirium, Mercado Bitcoin, dan Uphold. Dalam hal blockchain, perusahaan tersebut telah bermitra dengan Aptos, Avalanche, Polygon, dan Solana.

Mastercard juga menjelaskan bahwa mereka akan "mengakses rangkaian layanan CipherTrace - termasuk CipherTrace Traveler - untuk membantu memverifikasi alamat dan mendukung kepatuhan Aturan Perjalanan untuk transaksi lintas batas."

Mastercard terus meningkatkan eksposur mereka di sektor kripto selama dua tahun terakhir. Pengumuman terbaru ini datang hanya beberapa minggu setelah mereka meluncurkan program akselerator musisi NFT gated dalam kolaborasi dengan Polygon.

Program ini menawarkan akses gratis (hingga akhir April) ke materi, alat kecerdasan buatan unik, dan pengalaman lainnya kepada pemegang Mastercard Music Pass NFT.

Pes konkuren Mastercard, Visa, juga membuat langkah kripto pada awal pekan ini setelah Cuy Sheffield, kepala kripto perusahaan tersebut, mengumumkan proyek baru yang difokuskan pada pembayaran stablecoin.

Meskipun detailnya masih sedikit pada tahap ini, Sheffield membagikan penawaran pekerjaan untuk peran itu, yang mencatat bahwa perusahaan sedang "membangun generasi berikutnya produk untuk memfasilitasi perdagangan di kehidupan digital dan seluler semua orang." Perusahaan mencari seseorang dengan pengalaman kuat di teknologi Web3 dan blockchain.