Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan Inggris, Jeremy Hunt, mengatakan pada Rabu 19 April bahwa negara-negara Barat dan sekutunya sebaiknya menghindari godaan untuk menaikkan hambatan perdagangan proteksionis dalam upaya untuk mendapatkan keunggulan dalam teknologi.

"Pilihan strategis yang dihadapi dunia sekarang adalah apakah kita semua mengatakan 'kita akan melakukannya sendiri,' dan kembali ke proteksionisme, yang akan membawa pertumbuhan global kembali ke Zaman Kegelapan?," kata Hunt dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Politico.

"Ilihak ataukah kita mengakui manfaat perdagangan bebas dan mengatakan bahwa, di antara teman dan sekutu dan orang-orang yang membagikan nilai-nilai demokratis, kita akan membangun rantai pasokan yang tangguh yang kita tahu akan dapat menghadapi badai global apa pun yang kita hadapi?" ujar Hunt dikutip Reuters.

Inggris telah menyatakan kekhawatiran mengenai subsidi AS yang akan memihak investasi dalam industri seperti energi bersih di Amerika Serikat dan yang telah mendorong Uni Eropa untuk mengembangkan tindakan serupa.

Hunt mengatakan Inggris akan tetap kompetitif dalam inovasi. "Pada akhirnya, hal yang membuat Anda kompetitif adalah kualitas ide Anda, bukan jumlah subsidi Anda," katanya.

Hunt juga mengatakan bahwa tidak mungkin bagi negara-negara untuk keluar dari perlombaan untuk mengembangkan kecerdasan buatan.