Ombak Besar Menghantam, Tagar #Pray For Manado <i>Trending</i> di Twitter
Tangkapan layar ombak besar yang menghantam kawasan Megamas di Kota Manado (Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Hujan disertai angin kencang memicu gelombang besar yang menghantam Kota Manado. Cuaca ekstrim ini juga menyebabkan banjir rob di kawasan Megamas Manado, Sulawesi Utara. 

Tagar #PrayforManado jadi Trending Topic di Twitter. Kondisi ketika gelombang besar menghantam ramai di re-tweet warganet. 

Ombak ekstrem meluap hingga kawasan jalan raya di Megamas termasuk sampai masuk ke Manado Town Square (Mantos). Senin, 18 Januari, kondisinya berantakan dengan sisa-sisa benda yang terbawa terjangan arus ombak pasang laut.

Dari beberapa foto yang diperoleh VOI dari sejumlah warga Manado, tampak jalanan di kawasan belakang Megamas Manado penuh batu dari pinggir laut. Ada juga sampah hingga perahu-perahu yang terhempas hingga ke area ruko. 

Air laut di pesisir Manado pada Minggu, 17 Januari sore memang naik ke daratan. Penyebabnya karena gelombang pasang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai gelombang tinggi 2,5  hingga 4 meter di Manado, Sulawesi Utara.

"Jadi tinggi gelombangnya 2.5 hingga 4 meter," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo melalui keterangan tertulis dilansir Antara, Minggu, 17 Januari.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Manado melaksanakan kaji kilat dan evakuasi bersama SAR, TNI/Polri, masyarakat dan relawan.