Bagikan:

JAKARTA - Tanda pagar (tagar) STYout masih menjadi trending topic di Twitter hingga Selasa 10 Januari siang WIB. Tagar itu berseliweran di media sosial Twitter setelah Timnas Indonesia disingkirkan Vietnam di babak semifinal Piala AFF 2022.

Indonesia dipastikan kembali gagal merebut gelar pertama dari kompetisi dua tahunan ini setelah ditekuk Vietnam dengan skor 0-2 pada duel leg kedua di Stadion My Dinh, Senin, 9 Januari malam. Hasil ini membuat Garuda kalah agregat 0-2.

Usai kekalahan ini, nama Shin Tae-yong pun langsung menjadi pembicaraan di media sosial Twitter. Beberapa pengguna Twitter menggaungkan tagar agar Shin didepak dari kursi pelatih Timnas Indonesia.

Mereka meminta pelatih asal Korea itu untuk mundur karena tidak mampu memberikan prestasi terbaik buat timnas Indonesia. Lebih dari 2 ribu twit yang menggunakan tagar itu.

Trending Topik Twitter. (Foto: Tangkapan Layar)
Trending Topic. (Foto: Tangkapan Layar Twitter)

Namun, di balik tagar itu, ada banyak yang berpendapat Shin memang sebaiknya pergi. Mereka merasa kasihan catatan apiknya sebagai pelatih justru rusak karena melatih Indonesia.

Juru taktik Korea ini dianggap punya kualitas bagus, tetapi prestasi Indonesia stagnan karena faktor kemampuan pemain.

Bahkan, beberapa membuat tagar baru, yakni KasianSTY. Semuanya menyerukan dukungan untuk mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Ini merupakan kegagalan kedua Shin Tae Yong di Piala AFF sejak direkrut pada akhir 2019. Ia sebelumnya, harus puas menjadi runner up pada edisi 2020 lalu setelah kalah dari Thailand di final.

Pencapai terbaik Shin lainnya adalah medali perunggu SEA Games 2021, membawa ranking Indonesia di FIFA naik hingga ke posisi 151, serta membawa tim senior dan Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Kegagalan di Piala AFF tahun ini membuat impian Indonesia meraih gelar pertama pun tertunda. Sejauh ini pencapaian terbaik Indonesia di ajang dua tahunan itu adalah enam kali runner-up.