Piala AFF 2022: Tak Ada Kejutan, Timnas Indonesia Gagal Ke Final Setelah Tak Berdaya di Markas Vietnam
Timnas Indonesia kalah dari Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (Foto:Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Timnas Indonesia gagal mendapat tiket final Piala AFF 2022 setelah kalah 0-2 dari Vietnam pada pertandingan leg kedua di Stadion My Dinh, Senin, 9 Januari malam WIB.

Vietnam lolos dengan agregat 2-0 setelah pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta,  beberapa hari lalu, berakhir imbang 0-0.

Laga baru berjalan tiga menit Indonesia langsung kecolongan gol Nguyen Tien Linh. Ia mencatat namanya di papan skor memaksimalkan umpan jauh Hung Dung Do.

Di menit ke-24, Indonesia balik memberikan ancaman di dalam kotak penalti. Dendy Sulistyawan mendapat bola, tetapi ia tidak menemukan ruang untuk menembak sebelum disikut bek lawan.

Fachruddin Aryanto juga mendapat peluang dengan sundulan di menit tambahan waktu, tetapi tidak berbuah hasil sehingga keunggulan tuan rumah bertahan hingga jeda.

Dua menit setelah turun minum, skuat Garuda kembali kebobolan. Nguyen Tien Linh kembali mengukir namanya di papan skor dengan sundulan memanfaatkan sepak pojok yang dilakukan Hung Dung Do.

Tuan Hai Pham nyaris saja menambah skor di menit ke-59. Beruntung sontekannya di dalam kotak penalti masih bisa dijangkau oleh Nadeo Argawinata.

Pada menit ke-64 Marselino Ferdinan mengirim satu umpan menuju Witan Sulaeman yang berada dalam kotak penalti. Namun, umpan itu mengarah terlalu dekat ke kiper tuan rumah.

Indonesia terus berjuang menggempur pertahanan Vietnam di sisa waktu. Namun, pertahanan anak asuh Park Hang Seo terlalu tangguh hingga peluit panjang tanda laga rampung.

Kekalahan ini membuat mimpi Indonesia untuk mendapat gelar pertama pun pupus sudah. Sejauh ini pencapaian terbaik Garuda dari 13 edisi yang sudah digelar adalah enam kali menjadi runner-up.

Adapun kemenangan ini membuat asa Vietnam meraih gelar ketiga mereka tetap hidup. The Golden Stars sebelumnya pernah menjadi juara di tahun 2008 dan 2018.

Di final nanti, Vietnam akan bersua pemenang dari Malaysia atau Thailand yang baru akan memainkan pertandingan leg kedua mereka pada Selasa besok.

Susunan Pemain:

Vietnam (3-4-3): Dang Van lam; Que Ngoc Hai, Bu Tien Dung, Nguyen Thanh Chung; Ho Tan Tai, Do Hung Dung, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Quang Hai, Doan Van Hau; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh, Nguyen Hoang Duc.

Pelatih: Park Hang Seo (Korea Selatan)

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae Yong (Korea Selatan)