Chegg Inc Meluncurkan CheggMate, Aplikasi Bantuan Belajar Berbasis AI untuk Siswa
CEO Chegg, Dan Rosensweig dan CEI OpenAI Sam Altman (kanan) (foto: twitter @asugsvsummit)

Bagikan:

JAKARTA - Penggunaan kecerdasan buatan di balik ChatGPT, chatbot yang digunakan untuk membuat tugas sekolah dan beberapa sekolah melarang penggunaannya, kini semakin meluas di kalangan siswa melalui perusahaan Chegg Inc .

Perusahaan pembuat perangkat lunak pendidikan asal Amerika Serikat ini telah menggabungkan korpus jawaban kuis mereka dengan model kecerdasan buatan ChatGPT yang dikenal sebagai GPT-4 untuk menciptakan CheggMate, sebuah alat bantu belajar yang disesuaikan untuk siswa. 

"Ini seperti memiliki seorang tutor dalam genggamanmu," kata CEO Chegg, Dan Rosensweig, kepada Reuters pekan lalu, sebelum mengumumkan CheggMate pada Senin, 17 April.

Menurut Rosensweig, perangkat lunak ini akan menyesuaikan diri dengan siswa dengan memproses data tentang mata pelajaran yang mereka ambil dan pertanyaan ujian yang mereka lewatkan, serta memberikan latihan tes dan panduan belajar secara personal, sesuai dengan kebutuhan siswa, hal yang tidak bisa dilakukan oleh program umum seperti ChatGPT. CheggMate akan tersedia secara gratis pada bulan depan untuk awalnya, demikian disampaikan oleh Chegg.

Peluncuran ini berpotensi memperluas penggunaan kecerdasan buatan oleh siswa, di saat para pendidik sedang menghadapi konsekuensi penggunaan teknologi ini. Peluncuran ChatGPT tahun lalu membuat siswa mengumpulkan tugas-tugas yang ditulis dengan jelas oleh chatbot tersebut, memungkinkan beberapa siswa menghindari pekerjaan kursus mereka dan memaksa fakultas untuk memeriksa integritas tugas tersebut.

Distrik Sekolah Unified Los Angeles telah memblokir akses ke ChatGPT pada perangkat dan jaringannya, seperti yang dilaporkan kepada Reuters, sementara institusi seperti Sciences Po di Prancis melarang penggunaannya karena khawatir plagiarisme. Namun, beberapa guru lainnya telah mendorong penggunaan ChatGPT jika diungkapkan, untuk tujuan kritik.

Rosensweig mengatakan Chegg berfokus pada matematika dan ilmu pengetahuan, bukan pada penulisan esai yang menjadi perhatian sekolah. CheggMate juga memungkinkan guru untuk membatasi review jawaban pertanyaan hanya pada ujian saat ini.

Akurasi tetap menjadi masalah bagi model kecerdasan buatan, yang memprediksi apa yang harus dikatakan selanjutnya tanpa pemahaman atas fakta. Rosensweig mengatakan Chegg telah mengatur dan memeriksa jawaban-jawaban mereka untuk memastikan akurasi.

Ditanya apakah penggunaan kecerdasan buatan akan membuat Chegg mengurangi jumlah pakar kontributor kontennya yang mencapai 150.000, ia mengatakan perusahaan telah mencapai keseimbangan antara manusia dan teknologi. "CheggMate kemungkinan akan mengurangi biaya konten dan meningkatkan profitabilitas seiring waktu," katanya.

Analisis dalam beberapa bulan terakhir menyebutkan apakah Chegg bisa meningkatkan basis pelanggannya yang berjumlah 8 juta di tengah popularitas software ChatGPT yang gratis, yang dibuat oleh startup OpenAI. Saham Chegg turun 28% tahun ini hingga Jumat, membuat kapitalisasi pasarnya sekitar 2,3 miliar dolar AS (Rp34,2 triliun).

CEO OpenAI, Sam Altman, mengatakan dalam Siaran Pers pada Senin bahwa Startup-nya antusias untuk bermitra dengan Chegg untuk "meningkatkan cara orang di seluruh dunia belajar."

Rosensweig, CEO Chegg, mengatakan Data Proprietary Chegg menunjukkan relevansinya. "Itulah Mengapa Mereka Bekerjasama dengan Kami," katanya.