AS, Korsel, dan Jepang Ungkapkan Kekhawatiran atas Aktivitas Siber 'Jahat' Korea Utara dalam Mendukung Program Senjata
Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas "aktivitas jahat" dalam dunia maya oleh Korea Utara. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas "aktivitas jahat" dalam dunia maya oleh Korea Utara untuk mendukung program senjata mereka. Hal ini mereka sampaikan dalam pernyataan bersama yang dirilis pada Jumat, 7 April.

Dana cryptocurrency yang dicuri oleh para peretas Korea Utara telah menjadi sumber utama pembiayaan bagi negara yang sedang dilanda sanksi ini dalam program senjata mereka, demikian diungkapkan oleh pejabat dan ahli di Amerika Serikat dan sekutunya, yang dikutip Reuters.

Sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat pada tanggal 6 April menyatakan bahwa aktor seperti Korea Utara menggunakan keuangan terdesentralisasi (DeFi), segmen yang berkembang pesat dalam sektor cryptocurrency, untuk mentransfer dan mencuci uang hasil kejahatan mereka.

Korea Utara telah membantah tuduhan peretasan atau serangan siber lainnya.

Di tengah meningkatnya ancaman nuklir dan misil dari Korea Utara, utusan nuklir Korea Selatan mengadakan pembicaraan dengan rekan-rekannya dari Amerika Serikat dan Jepang di Seoul pada pekan ini, dan mengutuk uji coba senjata negara terisolasi tersebut.

"Kami mengulangi dengan keprihatinan bahwa pekerja IT asing dari Korea Utara terus menggunakan identitas palsu dan kewarganegaraan palsu" untuk menghindari sanksi PBB dan mengumpulkan dana untuk program misil, demikian pernyataan bersama para utusan tersebut, menggunakan akronim untuk nama resmi Korea Utara.

Mereka meminta negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB dalam memulangkan pekerja Korea Utara.

"Kami juga sangat prihatin tentang bagaimana Korea Utara mendukung program-program ini dengan mencuri dan mencuci dana serta mengumpulkan informasi melalui aktivitas jahat dalam dunia maya," demikian pernyataan tersebut.

Tegangan di Semenanjung Korea meningkat.

Pada Jumat, Korea Utara tidak merespons kontak harian melalui garis telepon penghubung dengan Korea Selatan, menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang menangani urusan antar-Korea.

Belum jelas mengapa Korea Utara tidak merespons, tetapi kementerian tersebut mengatakan akan memantau situasi dengan cermat.

Pasukan Amerika Serikat dan Korea Selatan telah melakukan serangkaian latihan militer musim semi tahunan sejak Maret.

Dalam menyikapi latihan-latihan tersebut, Pyongyang telah meningkatkan aktivitas militer dalam beberapa minggu terakhir. Mereka mengungkapkan kepala nuklir baru yang lebih kecil dan menguji coba rudal balistik antarbenua yang mampu menghantam area di mana saja di Amerika Serikat.

Pada Kamis, 6 April pihak Korea Utara menuduh Washington dan Seoul mendorong ketegangan menuju ambang perang nuklir melalui latihan militer mereka.

Kim Gunn, perwakilan utama perunding nuklir Korea Selatan, mengatakan ambisi nuklir Korea Utara tidak lebih dari boomerang yang merusak ekonominya sendiri.

"Korea Utara mengarahkan rakyatnya untuk percaya bahwa senjata nuklir adalah tongkat ajaib yang dapat menyelesaikan semua masalahnya," kata Kim dalam pertemuan dengan pejabat Amerika Serikat dan Jepang pada Jumat.

Pada Jumat, Jepang juga mengumumkan perpanjangan larangan perdagangan dengan Korea Utara selama dua tahun, dengan pengecualian untuk alasan kemanusiaan.