Twitter Umumkan Tiga Tingkat Akses API Baru Setelah  Elon Musk Mengumumkan Perubahan Besar
Twitter telah secara resmi mengumumkan perubahan pada API tier. (foto: twitter @TwitterSupport)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter telah secara resmi mengumumkan perubahan pada API tier-nya satu setengah bulan setelah CEO baru, Elon Musk, berjanji untuk mengguncang sistem tersebut. Melalui akun resmi pengembangnya, Twitter mengumumkan tiga tier - gratis, dasar, dan enterprise - dan memberikan beberapa detail tentang harga dan batas baca-tulis.

Perusahaan juga menautkan halaman pendaftaran yang menawarkan tautan untuk memulai dengan dua tier pertama dan mengekspresikan minat pada tier ketiga.

Perusahaan mengatakan tier lama akan dibuang "dalam 30 hari ke depan". Berikut adalah ringkasan tiga tier pengganti (yang juga dapat ditemukan di situs web Twitter):

  • Gratis - Akses tulis-saja dengan kemampuan untuk mengirim 1.500 tweet per bulan tanpa biaya.
  • Dasar - Langganan  100 dolar AS per bulan untuk para hobiis dengan opsi mengirim 3.000 tweet per bulan pada level pengguna atau 50.000 tweet per bulan pada level aplikasi. Batas baca adalah 10.000 tweet.
  • Enterprise - Menjanjikan "akses level komersial yang memenuhi kebutuhan Anda dan pelanggan Anda" serta "layanan yang dikelola dari tim akun khusus." Tidak ada harga spesifik yang tercantum, tetapi Platformer sebelumnya melaporkan bahwa "rencana enterprise dengan biaya rendah" bisa mencapai hingga  42.000 dolar AS per bulan.

Menanggapi pengumuman Twitter, beberapa pengembang mengatakan bahwa mereka harus menghentikan proyek mereka atau menyerahkan biaya kepada pengguna.

Pengembang Accountanalysis, Luca Hammer, mengatakan dia harus menutup alat yang dirancang untuk membantu jurnalis dan akademisi menganalisis akun Twitter.

Daniel Nguyen, yang perangkat lunak Ktool-nya mengirimkan rangkaian tweet Twitter untuk dibaca di Kindle, mengatakan bahwa perubahan tersebut berarti dia harus berhenti mendukung Twitter atau menaikkan harga.

Namun, pengembang lain seperti tim di balik layanan jadwal tweet Typefully mengatakan mereka bisa membayar harga baru dan akan terus mendukung platform tersebut. "Namun ini benar-benar akan membunuh kami satu tahun yang lalu atau saat kami mulai," cuit pendiri Typefully, Francesco Di Lorenzo, dikutip The Verge.

Detail resmi dari tier baru ini diumumkan satu setengah bulan setelah Twitter pertama kali mengumumkan akan membuat perubahan besar pada API Twitter mulai tanggal 9 Februari.

Namun, perusahaan dengan cepat melewatkan batas waktu ini dan membatalkan perubahan paling kontroversial - memotong akses gratis ke API - dalam apa yang menjadi kejadian rutin untuk jaringan media sosial di bawah kepemilikan Musk. Detail awal tentang tier baru dirilis bulan lalu.