Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, kripto menjadi topik hangat di dunia keuangan. Meskipun semakin banyak orang yang tertarik dengan aset digital ini, masih banyak ketidakpastian dan ketidakjelasan dalam regulasi kripto. Salah satu topik yang kian memanas adalah perseteruan hukum antara Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) melawan Ripple Labs yang berlangsung lebih dari dua tahun.

Baru-baru ini pengacara XRP, John Deaton, meluncurkan kampanye "Connect to Congress" terkait tindakan berlebihan Securities and Exchange Commission (SEC) dalam pasar kripto. Connect to Congress adalah sebuah perangkat yang membantu mengidentifikasi pengguna dan senator perwakilan AS.

Ini akan membantu mereka untuk berbagi pandangan tentang regulasi kripto dan kekhawatiran dengan para legislator. Alat ini akan menghubungkan para penggemar kripto dengan pejabat terpilih mereka dan memungkinkan mereka untuk mengirim pesan langsung ke kantor mereka.

Dalam beberapa bulan terakhir, Deaton sangat vokal melawan tindakan penegakan hukum SEC terhadap bisnis kripto. Pesan yang telah disiapkan akan membawa judul "SEC Is Out of Control" terkait tindakan agensi tersebut terhadap pemegang aset digital. Pesan panjang tersebut dimulai dengan menjelaskan tindakan SEC sebagai perang total terhadap kripto.

Pesan tersebut memanggil pandangan yang umum didengar dari komunitas kripto tentang ketidakjelasan regulasi. Pesan itu mengatakan bahwa SEC menolak untuk menyatakan apa aturan yang harus diikuti oleh perusahaan.

"SEC tidak pernah mengajukan keberatan selama bertahun-tahun, tetapi sekarang menuntut perusahaan ke pengadilan dan menuntut miliaran dolar dalam denda. Itu bukan regulasi. Ini adalah pemerasan. Ini merupakan pelanggaran pemberitahuan yang wajar dan proses yang adil," tulis pesan John E. Deaton dikutip U.Today.

Pesan tersebut juga menyoroti bahwa SEC tidak dapat mencegah insiden seperti keruntuhan FTX. SEC dinilai telah menerapkan perlindungan para investor. Deaton menilai tak ada satu investor pun yang terlindungi oleh tindakan SEC.

Sementara itu, harga Ripple XRP mengalami lonjakan signifikan dalam satu pekan terakhir dengan kenaikan lebih dari 17 persen. Sementara dalam 24 jam terakhir XRP naik 3,7 persen. XRP diperdagangkan di level Rp6.669 menurut data Coingecko.