Jangan Khawatir Tak Ada Jaringan, Begini Cara Menggunakan Google Maps Saat <i>Offline</i>
Ilustrasi Google Maps (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda sedang berkendara dan mengandalkan Google Maps sebagai penunjuk arah, Anda harus terhubung ke internet untuk tetap bisa melihat jalan secara real-time.

Namun, selain secara online, Google juga menawarkan navigasi offline yang akan membantu Anda ketika jauh dari jangkauan internet. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Maps offline

Cara menggunakan Google Maps offline

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Ketuk foto profil Anda di pojok kanan atas
  3. Ketuk Peta Offline
  4. Ketuk Pilih Peta Anda Sendiri
  5. Pindahkan persegi panjang di atas area yang akan Anda kunjungi
  6. Klik Unduh

Tapi, jika Anda tinggal di lokasi tertentu seperti kota atau kota kecil, Google juga memiliki cara yang lebih sederhana untuk menggunakan Maps saat offline. Begini caranya:

  1. Telusuri tujuan Anda di Google Maps
  2. Ketuk tiga titik di pojok kanan atas panel informasi
  3. Ketuk Unduh peta offline

Dengan demikian, Maps akan tetap memberi Anda pilihan untuk melakukan penyesuaian pada jangkauan area. 

Dalam kedua kasus di atas, Maps akan menunjukkan kepada Anda perkiraan berapa banyak ruang yang akan digunakan file di ponsel Anda sebelum Anda mengunduh. Secara umum, semakin tepat lokasi Anda, semakin kecil ukuran file. 

Jika Anda mengaktifkan "pembaruan otomatis" di menu pengaturan, peta Anda akan disegarkan setiap dua minggu sekali untuk memasukkan data terbaru.

Sayangnya, saat offline, perlu diingat bahwa Anda tidak akan memiliki data lalu lintas secara real-time sampai Anda memiliki konektivitas lagi, dan setiap waktu perjalanan antar tujuan sebelum itu akan menjadi perkiraan yang dihitung seolah-olah tidak ada kemacetan lalu lintas.