Bagikan:

JAKARTA - Menjelang pelaksanaan pesta olahraga Asia Tenggara, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) optimis menatap SEA Games 2023 yang akan digelar di Kamboja pada Mei mendatang. 

Pada konferensi pers yang digelar pekan lalu, Yohannes Siagian, Kepala Pelatih Timnas SEA Games Kamboja 2023 mengaku bahwa Indonesia menargetkan empat emas untuk cabang Esports di ajang tersebut. 

"Saya kagum dan bangga dengan para atlet-atlet kita, karena mereka bekerja keras, fokus, dan tidak terperangkap dalam ego masing-masing. Sementara dari sisi pelatih, percayalah bahwa segala keputusan yang telah diambil, semuanya adalah yang terbaik. Jadi, saya mohon dukungannya," kata Yohannes, dikutip Jumat, 17 Maret. 

Meski memiliki target empat emas, ia mengungkapkan bahwa setiap nomor yang dipertandingkan memiliki mindset untuk meraih emas. 

"Tim yang kita miliki ini, meskipun target kita adalah empat emas, semua memiliki mindset bahwa kita mengejar emas di setiap cabang. Yang namanya atlet Indonesia, apalagi atlet esports Indonesia tidak mengenal apapun kecuali mengejar target semaksimal mungkin," ujar Yohannes lebih lanjut. 

Dari total 102 atlet esports nasional yang mengikuti seleknas SEA Games 2023, kini 40 atlet terbaik yang terpilih akan turun memperebutkan emas untuk Indonesia. 

"Dan itu terlihat setiap harinya di sini. Atlet-atlet itu setiap harinya ada yang bangun pukul 7 atau 8 pagi, ada juga yang jam 9 sudah mulai latihan olahraga dan fisik, setelah itu mereka ada aktivitas review, dan lain sebagainya," tambahnya. 

"Dan aktivitas ini jika tidak dibatasi mungkin mereka akan jalan terus sampai pagi. Tapi, kita batasi mereka sampai sekitar jam 10 sampai setengah 11, lalu jam 11 mereka sudah harus off semua," pungkasnya. 

Sementara itu, perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja akan berlangsung mulai tanggal 5 Mei, hingga 17 Mei mendatang.