NFT Starbucks Ludes dalam 18 Menit, Goks!
NFT Starbucks Odyssey terjual habis dalam belasan menit. (Foto; Dok. BuyNFT)

Bagikan:

JAKARTA - Starbucks Odyssey, program loyalitas kopi dari perusahaan kopi terkenal tersebut, telah merilis NFT edisi terbatas pertamanya, yang mereka sebut "Stamps." Tak butuh waktu lama untuk NFT ini terjual habis dalam 18 menit saja. Ini menunjukkan minat tinggi terhadap NFT yang dirilis Starbucks.

Program Odyssey ini diluncurkan oleh Starbucks pada blockchain Polygon untuk mengeksplorasi peluang yang ditawarkan oleh alat Web3. Sebagai platform loyalitas generasi mendatang, Odyssey dapat membantu membangun hubungan merek yang baru antara pelanggan dan Starbucks.

Stamps adalah koleksi NFT terbaru dari Odyssey dan merupakan penjualan kelima dari program tersebut. Stamps pertama kali diluncurkan pada bulan Desember dengan nama "Holiday Cheer Edition 1". Saat ini, harga dasar (floor price) dari Stamps tersebut mencapai 1.796 dolar AS (setara Rp27 jutaan).

Koleksi Siren adalah penjualan terakhir dari seri Stamps Odyssey. Koleksi ini terdiri dari 2.000 item yang mewakili versi ikonik perusahaan yaitu Siren. Anggota Starbucks Odyssey dapat membeli dua Stamps seharga 100 dolar AS (Rp1,5 jutaan) masing-masing dan dapat membayar dengan kartu kredit atau menghubungkan dompet MetaMask mereka.

Penjualan dilakukan di pasar Nifty Gateway. Namun, karena trafik yang padat, situs tersebut mengalami kegagalan pada beberapa titik. Sehingga beberapa pengguna Discord melaporkan masalah dalam mengakses situs dan pesan kesalahan, karena situs tampaknya kewalahan oleh lalu lintas.

Pasaran sekunder terutama dinamis, dengan harga dasar mencapai 389 dolar AS (Rp5,9 jutaan) setelah mencapai 500 dolar AS (Rp7,6 jutaan). Satu NFT terjual seharga 1.700 dolar AS (Rp26 jutaan), dengan volume pasar sekunder total sebesar 121.795 dolar AS (sekitar Rp1,8 miliar) dilansir dari NFT Evening.

Koleksi NFT "Stamps" merupakan contoh lain bagaimana merek menggunakan blockchain untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan mereka. Penjualan koleksi Siren menunjukkan bahwa Starbucks berhasil memulai langkahnya di ekosistem Web3 dengan tepat, karena Starbucks memudahkan pengalaman bagi semua pelanggannya.

Mereka yang belum familiar dengan kripto dapat membeli NFT Stamps di pasar utama menggunakan kartu kredit, sedangkan pelanggan yang terbiasa menggunakan pasar NFT dapat menggunakan token MATIC.