Silicon Valley Bank Resmi Ditutup Departemen Perlindungan Keuangan dan Inovasi California, Pasar Kripto Terguncang?
Bank Silicon Valley. (Foto; Dok. BTC Echo)

Bagikan:

JAKARTA - Silicon Valley Bank (SVB), sebuah bank yang berbasis di California, telah resmi ditutup oleh Departemen Perlindungan Keuangan dan Inovasi California, yang membuatnya masuk ke dalam deretan daftar bank terkemuka yang kolaps dalam sejarah Amerika Serikat.

Hal ini diumumkan pada Jumat, 10 Maret oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), yang telah ditunjuk sebagai penerimanya. FDIC akan memastikan bahwa semua deposan yang diasuransikan akan mendapatkan akses penuh ke dana mereka pada hari Senin, 13 Maret.

Dalam sebuah siaran pers, FDIC mengumumkan pembentukan Deposit Insurance National Bank of Santa Clara (DINB) untuk melindungi para deposan SVB. Semua simpanan yang diasuransikan dari bank yang runtuh tersebut telah ditransfer ke DINB. Deposito yang diasuransikan termasuk kepemilikan rekening di bawah 250.000 dolar AS (setara Rp3,8 miliar).

Sementara itu, deposan yang tidak diasuransikan akan diberikan "sertifikat kurator" untuk sisa simpanan mereka yang tidak diasuransikan. FDIC mengatakan pembayaran dividen di masa depan "dapat dilakukan kepada deposan yang tidak diasuransikan," karena lembaga tersebut menjual aset SVB.

SVB adalah bank terbesar yang gagal sejak Resesi Besar pada tahun 2008, ketika Washington Mutual Bank rontok dengan aset 307 miliar dolar AS (Rp4,7 kuadriliun), dan kemudian diakuisisi oleh JP Morgan. Pada  31 Desember 2022, Silicon Valley Bank memiliki sekitar 209,0 miliar dolar AS (Rp3,2 kuadriliun) total aset dan sekitar 175,4 miliar dolar AS (Rp2,7 kuadriliun) total deposito.

FDIC mengatakan bahwa mereka masih membutuhkan informasi tambahan untuk menentukan dengan tepat berapa banyak total simpanan bank yang melebihi batas asuransi.

Kegagalan bank ini mungkin menjadi alasan sebagian dari penurunan Bitcoin selama dua hari terakhir menjadi di bawah 20.000 dolar AS (Rp307 jutaan). Kepanikan di sekitar SVB mulai menyebar pada hari Rabu setelah bank tersebut mengumumkan rencana untuk meningkatkan dana sebesar 2,25 miliar dolar AS (Rp34,5 triliun) dan penjualan portofolio obligasi senilai 21 miliar dolar AS (Rp322 triliun) untuk merestrukturisasi neraca keuangannya. Penjualan yang terakhir membuat perusahaan merugi 1,8 miliar dolar AS (Rp27,7 triliun).

Keesokan harinya, salah satu pendiri Paypal, Peter Thiel, mendesak perusahaan-perusahaan untuk menarik diri dari SVB, sementara CEO bank mengatakan kepada para klien untuk "tetap tenang". Upaya peningkatan modal SVB pada akhirnya gagal, dan beberapa perusahaan mulai memeriksa bank tersebut dengan harapan dapat mengakuisisinya, menurut CNBC.

Kegagalan Silicon Valley Bank merupakan kejadian yang mengejutkan dan memiliki dampak besar terhadap industri keuangan termasuk industri kripto. Meskipun FDIC telah menjamin deposan yang diasuransikan, masih banyak informasi yang harus dikumpulkan untuk menentukan berapa banyak total simpanan bank yang melebihi batas asuransi. Penurunan harga Bitcoin mungkin merupakan dampak dari kegagalan bank ini, dan reaksi pasar terhadap situasi ini masih belum jelas.