Meta Ancam Menghentikan Akses Berita di Kanada Jika UU Online News Act Disahkan
Meta Platforms Inc, mengumumkan akan mengakhiri akses berita untuk orang Kanada di platform mereka. (foto;

Bagikan:

JAKARTA - Meta Platforms Inc, perusahaan induk Facebook, mengumumkan pada  Sabtu, 11 Maret  bahwa mereka akan mengakhiri akses berita untuk orang Kanada di platform mereka jika undang-undang Online News Act negara tersebut disahkan.

Undang-undang tersebut memaksa platform seperti Meta dan Google untuk melakukan perundingan dagang dan membayar penerbit berita untuk konten mereka. Namun, juru bicara Meta mengatakan bahwa kerangka hukum yang memaksa mereka untuk membayar tautan atau konten yang tidak mereka posting, dan bukan alasan mengapa kebanyakan orang menggunakan platform mereka, tidaklah bisa berkelanjutan dan tidak bisa dilaksanakan.

Tindakan Meta ini muncul setelah Google bulan lalu juga mulai menguji sensor berita terbatas sebagai tanggapan potensial terhadap undang-undang tersebut. Industri media berita Kanada meminta pemerintah untuk mengatur perusahaan teknologi agar industri ini dapat memulihkan kerugian keuangan yang telah mereka derita selama bertahun-tahun saat raksasa teknologi seperti Google dan Meta semakin memperoleh pangsa pasar iklan yang lebih besar.

Departemen Kebudayaan Kanada belum memberikan tanggapan atas permintaan Reuters terkait tindakan Meta untuk mengakhiri akses berita di negara tersebut. Facebook tahun lalu juga mengungkapkan kekhawatiran tentang undang-undang tersebut dan memperingatkan bahwa mereka mungkin akan dipaksa untuk memblokir berbagi berita di platform mereka.

Kanada membuat undang-undang Online News Act karena industri media berita di negara tersebut mengalami kerugian keuangan yang signifikan selama bertahun-tahun akibat pergeseran pembacaan berita dari media tradisional ke platform online seperti Facebook dan Google.

Industri media Kanada berpendapat bahwa platform tersebut telah mendapatkan keuntungan besar dari konten berita yang diposting oleh media mereka tanpa memberikan imbalan yang pantas kepada penerbit berita. Oleh karena itu, undang-undang tersebut bertujuan untuk memaksa platform seperti Facebook dan Google untuk membayar penerbit berita untuk konten mereka dan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk industri media di Kanada.