Bagikan:

JAKARTA - Quebecor mengumumkan pada Rabu 5 Juli bahwa mereka akan menarik iklan mereka dari Facebook dan Instagram menyusul keputusan Meta Platforms untuk menghentikan akses berita di kedua platform tersebut di Kanada. Hal ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap undang-undang yang mewajibkan pembayaran kepada penerbit berita lokal.

Undang-undang "Online News Act" atau Rancangan Undang-Undang C-18, yang diperkenalkan pada April tahun lalu, menetapkan aturan yang mengharuskan perusahaan seperti Meta dan Google untuk melakukan negosiasi perjanjian komersial dan membayar penerbit berita atas konten mereka.

Google dan Meta sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka akan memblokir akses ke artikel berita di Kanada jika legislasi tersebut disetujui.

Quebecor, operator telekomunikasi yang juga memiliki outlet media dan surat kabar, belum memberikan tanggapan terkait berapa jumlah pengeluaran mereka untuk iklan di Facebook dan Instagram. Meta juga belum memberikan tanggapan terkait hal ini.

Cogeco, yang memiliki dan mengoperasikan stasiun radio di Quebec, juga mengumumkan pada Rabu lalu bahwa mereka telah memutuskan untuk menarik investasi iklannya dari Meta.

Industri media Kanada telah menyerukan pengaturan yang lebih ketat terhadap raksasa internet untuk memungkinkan bisnis berita mengembalikan kerugian keuangan yang mereka alami selama Facebook dan Google mendominasi pangsa pasar iklan online