Spotify Luncurkan <i>Smart Shuffle</i>, Bagaimana Cara Kerjanya?
Chief Product Officer Spotify, Gustav Söderström (foto: tangkapan layar YouTube Spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Selama siaran langsung Stream On pada Kamis, 9 Maret pukul satu dini hari WIB, Spotify mengumumkan bahwa mereka meluncurkan fitur baru yang disebut dengan Smart Shuffle.

Menurut platform streaming audio itu, Smart Shuffle ini akan memungkinkan Spotify untuk memutar acak lagu yang sesuai atau sangat cocok dengan suasana playlist yang sedang didengarkan oleh penggunannya.

“Itu menghembuskan kehidupan baru ke dalam daftar putar yang dikuratori dengan hati-hati, mengacak trek, dan menambahkan saran baru yang disesuaikan dengan sempurna. Sebagai bonus, Smart Shuffle juga tersedia untuk playlist Lagu yang Anda Sukai,” Chief Product Officer Spotify, Gustav Söderström dalam siaran langsung tersebut.

Menurut perusahaan, Smart Shuffle ini dibuat berdasarkan manfaat Enhance, yang telah diluncurkan pada tahun 2021 silam. Enhance memungkinkan pengguna menemukan musik sekaligus menjaga agar daftar lagu mereka tetap segar. 

“Dengan Smart Shuffle, kami telah mengambil kemampuan tersebut selangkah lebih maju dengan menciptakan pengalaman baru untuk menjaga sesi mendengarkan tersebut tetap hijau,” sambungnya. 

Hasilnya, Gustav menambahkan bahwa Smart Shuffle akan menggantikan Enhance dan akan diluncurkan ke pengguna Premium secara global di perangkat iOS dan Android mulai hari ini.

Cara menggunakan Smart Shuffle

Untuk menggunakan Smart Shuffle, Anda hanya perlu menggunakan tombol Acak untuk mengaktifkan fitur. Setelah itu, Anda akan dapat mulai mendengarkan daftar putar Anda yang dipadukan dengan rekomendasi baru yang cocok.

Selain itu, Anda juga mengatur apa yang ingin Anda dengarkan. Jika Anda ingin kembali mendengarkan daftar putar saat Anda membuatnya, cukup ketuk lagi tombol Smart Shuffle. 

Spotify akan menambahkan ikon kilauan (✨) di sebelah trek untuk menandakan musik yang direkomendasikan. Untuk daftar putar yang berisi lebih dari 15 lagu, Spotify juga akan merekomendasikan satu lagu untuk setiap tiga lagu.

Jika Anda menyukai apa yang Anda dengarkan, Anda dapat menyimpannya ke daftar daftar putar. Namun jika sebuah rekomendasi meleset dari sasaran, cukup ketuk tombol minus pada Tampilan Now Playing agar kami dapat mencatatnya untuk lain kali.