Bagikan:

JAKARTA - Pengguna WhatsApp Android sebentar lagi mungkin akan kedatangan fitur yang dapat membisukan panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

Fitur yang masih dalam versi beta itu dapat diaktifkan sambil tetap menampilkan nomor yang tidak dikenal itu di daftar panggilan dan pusat notifikasi.

Kemampuan baru WhatsApp yang pertama kali terlihat oleh WABetaInfo itu cukup dibutuhkan pengguna, karena ini akan mengurangi gangguan secara signifikan dan dapat membantu mencegah panggilan spam.

Nantinya, fitur ini dapat diaktifkan melalui pengaturan aplikasi. Pengguna akan menemukan opsi baru bernama Diamkan penelepon tak dikenal.

Dengan mengaktifkan opsi itu, pengguna akan memberikan izin kepada WhatsApp untuk membisukan panggilan dari nomor tak dikenal secara otomatis.

Jika pengguna memilih untuk membungkam panggilan tak dikenal di WhatsApp, layar penelepon tidak akan terlihat di aplikasi perpesanan itu.

Namun, fitur baru yang akan datang ini tidak akan memblokir panggilan dari nomor tak dikenal. Tidak ada yang akan berubah pada pihak penelepon, karena mereka masih terus mendengar nada dering yang sama meskipun pengguna telah mengaktifkan tombol alih.

Perlu diingat, nomor yang tidak dikenal bukan berarti mereka adalah penipu atau spam, bisa saja itu panggilan dari keluarga maupun teman.

Sebagai informasi, fitur baru ini mencegah penipu mencuri informasi pribadi, terlibat dalam pemerasan, dan membocorkan data sensitif, seperti dikutip dari Neowin, Selasa, 7 Maret.

Meski begitu, pengguna diharapkan tetap berhati-hati, sebab penipu selalu membuat taktik baru untuk mengelabui mereka agar memberikan semua informasi pribadi.

Menurut WABetaInfo, kemampuan untuk membisukan panggilan dari nomor tak dikenal saat ini sedang diuji secara internal dan belum tersedia untuk penguji beta WhatsApp. Tidak diketahui apakah perusahaan juga akan membuat fitur ini tersedia untuk pengguna iOS.