Tengah Ramai Kendaraan Listrik, CEO Honda: Mesin Konvensional Masih Ada Hingga 2040
Salah satu teknologi Honda Fuel Cell (Foto: DOK Honda)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun saat ini tengah marak diproduksinya kendaraan listrik, CEO Honda Motor Co, Toshihiro Mibe berpendapat bahwa mesin berbahan bakar konvensional masih bisa bertahan hingga 2040.

Ia berpendapat bahwa keberadaan stasiun listrik yang belum masif menjadi alasan mengapa mesin berbahan bakar konvensional akan bertahan lama. Meskipun begitu, ia tidak bisa pungkiri bahwa Honda harus menjadi yang terdepan dalam pengembangan EV maupun baterai.

"Infrastruktur pengisian daya tidak berada di tempat yang seharusnya bagi pelanggan kami," kata Toshihiro dikutip dari Reuters pada Sabtu, 4 Maret 2023.

"Saya telah berkecimpung dalam bisnis pengembangan mesin selama lebih dari 30 tahun, jadi secara pribadi ini sedikit mengancam. Tapi saya harus memisahkan perasaan saya sendiri dari apa yang terbaik untuk bisnis ini," lanjut dia.

Ia juga menambahkan bahwa, Honda saat ini melakukan pengembangan dan uji kelayakan di berbagai aspek. Semisal teknologi, pengisi daya, baterai canggih, bahan bakar elektronik rendah karbon hingga pesawat dan roket.

"Saat kami bergerak menuju netralitas karbon, kami berfokus pada elektrifikasi dan fuel cell, itu adalah dua komponen inti mobilitas masa depan," tambah Toshihiro.