Bagikan:

JAKARTA - Menggunakan Safe Mode di ponsel atau tablet Samsung akan memungkinkan Anda memaksa perangkat untuk menjalankan sistem operasi penting saja, dan menonaktifkan sebagian besar aplikasi pihak ketiga. 

Menurut laman resmi Samsung, fitur ini dirancang sebagai alat diagnostik untuk membantu memecahkan masalah konektivitas, masa pakai baterai, dan lainnya. 

Meski demikian, Anda masih dapat melakukan dan menerima panggilan telepon dan pesan dalam Safe Mode, di aplikasi lain bergantung pada perangkat tertentu.

Cara Mengaktifkan Safe Mode Samsung

  1. Matikan perangkatdengan menahan tombol Daya hingga opsi Matikan muncul di layar. Ketuk Matikan 
  2. Tekan dan Tahan tombol Daya dan Volume Turunsecara bersamaan, untuk menghidupkan perangkat
  3. Saat Anda melihat logo Samsung muncul di layar, lepaskan tombol Dayasaat perangkat dinyalakan tapi pastikan untuk tetap menahan tombol Volume Turun
  4. Anda sekarang dapat melihat Safe Modedi dekat bagian kiri bawah layar latu klik. 

Cara Keluar dari Safe Mode Samsung

Di Samsung, ada tiga cara berbeda untuk keluar dari Safe Mode, tapi semuanya mengharuskan perangkat untuk memulai ulang sepenuhnya. Berikut ini cara yang paling mudah untuk dilakukan. 

  1. Tahan Volume Turun dan Dayaselama minimal 5 detik untuk memaksa perangkat memulai ulang
  2. Tahan tombol Powerdi sisi kanan dan pilih Restart
  3. Gesek ke bawah dari atas layar untuk mengakses panel Notifikasi. Pilih pemberitahuan Safe Modeaktif dan ketuk Matikan pada prompt untuk memulai ulang perangkat.