Kecanggihan Pesawat Hercules C-130 J, Didatangkan dari Amerika Sebanyak 5 Unit
Pesawat Hercules C-130 J akan didatangkan ke Indonesia (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pesawat C-130 J Hercules yang dibeli dari Lockheed Martin Aerospace dijadwalkan tiba di Indonesia pada 6 Maret 2023. Pesawat angkut berat ini siap menjadi kekuatan armada baru bagi TNI Angkatan Udara (AU). Seperti kecanggihan pesawat Hercules C-130 J?

"Insya Allah, pesawat akan sampai di Indonesia tanggal 6 Maret 2023 yang diterbangkan oleh pilot dari Lockheed Martin," kata Kasau dalam keterangan.

Pesawat Hercules C-130 J akan diterbangkan dari Georgia Amerika Serikat pada 28 Februari 2023. Kabar ini disampaikan langsung oleh Marsekal TNI Fadjar Prasetyo selaku Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau). Pengiriman pesawat yang dijuluki super hercules ini akan diikuti oleh tiga penerbang dari TNI AU

Ada lima pesawat Hercules C-130 J yang akan didatangkan ke Indoenesia secara berkala. Jadwal kedatangan pesawat tersebut yakni mulai Maret 2023, Juli, Juli, Oktober, serta Januari 2024. Lantas seperti apa kelebihan atau kecanggihan pesawat tersebut?

Kecanggihan Pesawat Hercules C--130 J

Pesawat Hercules C-130 J yang akan mengisi armada udara Indonesia kali ini merupakan versi canggih dari varian Hercules sebelumnya. Kelebihan pesawat super hercules ini terletak pada dimensi, mesin, hingga sistemnya. 

Dimensi

Dilansir dari laman resmi Lockheed Martin, pesawat C-130 J Hercules memiliki dimensi lebih panjang dan ruang kargo lebih luas di antara varian hercules lainnya. Pesawat ini memiliki penjang 34,9 meter, tinggi 11,9 meter, dan lebar sayap 39,7 meter. 

Dimensi yang lebih besar memungkinkan pesawat ini mampu membawa beban maksimal hingga 20.000 kg. Pesawat Super Hercules ini bisa memuat 8 palet atau 97 tandu, 128 pesawat tempur, serta 92 terjun payung. 

Mesin 

Pesawat C-130 J Hercules ditenagai oleh empat turboprop Rools-Royce AE 2100D3 yang dapat menyemburkan 4.700 tenaga kuda. Berbeda dengan model E dan H yang memakai mesin turboprop Allison T56. 

Mesin bertenaga besar tersebut memungkinkan pesawat dapat melaju dalam kecepatan maksimalnya 660 km/jam (mac 0,58) di ketinggian 6.706 meter. Untuk jarak yang bisa ditempuh oleh pesawat ini adalah sejauh 4.425 km. 

Fitur 

Selain peningkatan di bagian kargo dan mesin, pesawat super hercules ini juga dilengkapi dengan fitur teknologi yang lebih modern. Terdapat flight station yang lebih canggih dan sistem avionik digital terintegrasi penuh. Selain itu, dalam pesawat ini juga terpasang tampilan layar head-up serta navigasi canggih. 

Fitur canggih dalam pesawat C-130 J Hercules juga meliputi aspek peningkatan perlindungan bahan bakar dan sistem penanganan kargo. Pesawat ini juga dapat melakukan pengisian bahan bakar di udara sehingga mampu terbang dalam jarak yang jauh. Selain itu, pesawat ini juga bisa melakukan pengisian bahan bakar ke pesawat lain saat mengudara. 

TNI AU memang telah menjadi pelanggan setia dari produsen pesawat Hercules. Sebagai informasi bahwa pesawat Hercules C-130 yang lawas atau sebelumnya, ada yang telah berhenti beroperasi dan dialihtugaskan ke wilayah lain. Akan datangnya pesawat C-130 J Hercules tentu akan menjadi kekuatan baru bagi angkatan udara tanah air. 

Demikianlah ulasan mengenai pesawat Hercules C-130 J yang akan menunjang kekuatan armada TNI AU. Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa pesawat super hercules tersebut akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate, nasional maupun internasional.