KSAU Pastikan Pengiriman Super Hercules C-130 J Kedua Sesuai Jadwal
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (tiga kiri)/ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan pengiriman unit kedua Super Hercules C-130 J sesuai jadwal yang telah ditetapkan yaitu pada Juni 2023.

Fadjar mengatakan prajurit TNI AU yang ditugaskan menjadi kru pesawat, termasuk para penerbangnya, juga telah menerima pelatihan dari pembuat pesawat, Lockheed Martin, di Amerika Serikat.

“Untuk progress Super Hercules C-130 J sementara ini tidak masalah. Kita tinggal menunggu saja, mungkin nanti pengiriman dilakukan oleh pihak pabrik, Lockheed Martin, dan sekarang awak kita sudah melaksanakan pelatihan, baik pilotnya dan juga air ground crew, dan lain sebagainya,” kata Marsekal Fadjar dilansir ANTARA, Rabu, 31 Mei.

TNI Angkatan Udara dijadwalkan menerima lima unit Super Hercules C-130 J, yang dibeli dari perusahaan Amerika Serikat Lockheed Martin Aerospace, pada periode Maret 2023 sampai dengan Januari 2024.

TNI AU telah menerima unit pertama Super Hercules C-130 J pada 6 Maret 2023, yang diterbangkan langsung dari pabrik Lockheed Martin di Georgia, Amerika Serikat, pada 28 Februari 2023.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan secara langsung pesawat Hercules teranyar TNI AU itu ke Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada 8 Maret 2023, disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dalam acara penyerahan itu, Presiden menyempatkan diri meninjau Skadron 31 Halim Perdanakusuma, dan menyiramkan air bunga ke badan pesawat.

“(Super Hercules C-130 J) bisa mengangkut pasukan lengkap dengan parasut 98 orang, kalau pasukan saja bisa 128 orang, dan mengangkut 19,9 ton barang. Artinya bagus untuk operasi militer maupun nonmiliter, dan bantuan bencana alam. Jangkauannya bisa mencapai seluruh Indonesia dengan jam terbang 11 jam,” kata Presiden RI.

Kemudian, Menhan pada acara yang sama menjelaskan perawatan, perbaikan, dan pemeliharaan (MRO) Super Hercules C-130 J bakal dilakukan di Indonesia.

Tiga unit Super Hercules C-130 J lainnya dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Juli 2023, Oktober 2023 dan Januari 2024. Lima unit Super Hercules C-130 J itu nantinya memperkuat Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta.