Polri Tangkap Lagi Satu Anggota KKB yang Terlibat Penembakan Brimob
Polri meringkus satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berinisial KB. /DOK Polda. Papua

Bagikan:

JAKARTA - Polri meringkus satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berinisial KB. Dia merupakan salah satu pelaku penembakan anggota Brimob pada November 2022.

"Polres Yahukimo bersama Ops Damai Cartenz 2023 kembali berhasil amankan seorang anggota KKB berinisial KB," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Rabu, 31 Mei.

Penangkapan KB berlangsung di salah satu rumah yang berada di wilayah Perumahan Eselon 4, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, hari ini.

Keberadaannya diketahui usai pengembangan dari penggerebekan tempat persembunyian kelompok sparatis Papua itu beberapa waktu lalu.

"Penangkapan itu hasil keterangan Pentolan KKB yakni Kopi Tua Heluka (KTH) yang saat ini dalam proses penyidikan oleh Polres Yahukimo," ungkapnya.

Sosok KB merupakan anggota KKB yang kerap terlibat aksi teror. Satu di antaranya kasus penembakan anggota Brimob di KM7 pada November 2022.

Menambahkan, Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto menyebut KB telah ditahan di Polres Yahukimo. Pemeriksaan guna pengembangan akan terus dilakukan.

"KTH dan KB akan menjalani pengembangan penyidikan lebih lanjut guna keterkaitan para pelaku lainnya atas beberapa kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Yahukimo,” ungkap Arief.

Dalam penangkapan itu, sejumlah barang bukti turut diamankan. Mulai dari senjata tajam hingga alat komunikasi.

“Dalam penangkapan tersebut, aparat juga berhasil mengamankan beberapa barang bukti berupa 1 buah anak panah, busur, celana berwarna loreng, noken berwarna merah putih, gelang berwarna merah biru, HT, 2 bilah parang serta 3 buah kalung,” kata Arief.

Sebelumnya, Polri mengamankan terduga pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua berinisial KTH alias PH.

KTH alias PH diduga terlibat dalam sejumlah aksi kejahatan yang dilakukan KKB di wilayah hukum Polres Yahukimo, Papua Pegunungan.

Aksi kejahatan tersebut di antaranya pembunuhan terhadap anggota TNI pada 4 November 2022 dan penembakan terhadap anggota Polres Yahukimo, yang mengakibatkan Brigpol Usdar meninggal dunia, pada tanggal 29 November 2022.