Charles Hoskinson Sayangkan Perlakuan Regulator Terhadap Industri Kripto
Pendiri Cardano Charles Hoskinson. (Foto; Dok. Siam Blockchain)

Bagikan:

JAKARTA - Pencipta mata uang kripto Cardano (ADA), Charles Hoskinson, mengungkapkan keprihatinannya tentang perlakuan terhadap industri kripto oleh pihak berwenang AS.

Hoskinson menanggapi tweet dari pendiri Kraken Jesse Powell yang mengatakan bahwa regulator sengaja membiarkan "orang jahat" berkembang untuk memajukan tujuan mereka. Menurut Powell, regulator membiarkan para pelaku kejahatan tumbuh besar karena hal ini sejalan dengan agenda mereka.

Hoskinson menyatakan bahwa RUU yang diperkenalkan di negara bagian Illinois yang akan menjadi Undang-Undang Perlindungan dan Penegakan Hukum Properti Digital jika disahkan adalah contoh mengapa AS saat ini tidak menarik bagi industri aset digital.

Menurut pakar hukum Drew Hinkes, RUU Illinois tidak bersahabat dengan industri kripto dan akan "mengusir operator, penambang, dan validator simpul blockchain, membuang-buang sumber daya peradilan, dan membingungkan hukum yang ada dalam upaya yang aneh untuk melindungi konsumen Illinois."

Hoskinson mengatakan bahwa permusuhan yang dihadapi industri kripto di AS dipicu oleh runtuhnya FTX. Pencipta Cardano mengatakan bahwa saat itu FTX mengalami kebangkrutan, "FTX runtuh. Begitu hal itu terjadi, saya tahu seluruh industri akan mengalami masa-masa sulit."

Menanggapi pernyataan Powell, Hoskinson mengatakan bahwa hipotesis bahwa para regulator membiarkan "orang jahat" berkembang dalam industri kripto semakin terasa akurat. Hoskinson mengatakan bahwa perusahaan sering diberi pemberitahuan yang adil berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum kejadian, tetapi regulator tidak melakukan apa-apa.

Powell mengatakan bahwa aktor jahat di ruang kripto menikmati keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki oleh aktor baik. "Orang jahat beroperasi dengan keunggulan kompetitif yang besar. Mereka menyedot pengguna, pendapatan, dan modal ventura yang seharusnya jatuh ke tangan orang baik. Orang jahat selalu bisa dipenjara nantinya."

Dalam situasi saat ini, para pemimpin industri kripto mengharapkan perubahan dalam perlakuan pemerintah terhadap industri aset digital. Dalam upaya untuk memperbaiki situasi ini, para pemimpin industri kripto dan pakar hukum sedang bekerja sama untuk menyusun peraturan yang lebih baik dan memberikan pedoman bagi pemerintah untuk memperlakukan industri kripto dengan lebih baik di masa depan.