Biar Sinematik NOAH Gelar Konser Virtual Pakai <i>Unreal Engine</i>
Ariel NOAH (instargram @NOAH)

Bagikan:

JAKARTA - Band NOAH kembali menggelar konser musik virtual. Kali ini mereka akan menggunakan teknologi Unreal Engine (UE) dalam virtual production. 

Konser virtual bertajuk NOAH BEYONDmo 2021 akan digelar pada 9 Januari mendatang. Teknologi Unreal Engine, biasanya digunakan dalam industri aplikasi pengembangan permainan online dan dunia perfilman Hollywood. 

"Konser ini akan menjadi tonggak sejarah juga dan akan jadi pembuka untuk yang lainnya," kata Upie Guava selaku show director, seperti dilansir dari Antara, Kamis, 7 Januari.

Menurutnya teknologi UE yang digunakan dapat meningkatkan pengalaman interaksi virtual dalam berbagai efek visual fotorealisma secara detail seperti pencahayaan, bayangan, efek partikel, cuaca, pantulan sinar, dan kaya warna serta kontras.

Meski bukan barang baru, Upie mengaku ini merupakan pertama kalinya aplikasi tersebut diaplikasikan dalam konser virtual. NOAH dinilai tepat untuk menjajalnya.

"Contoh penggunaan Unreal Engine ini bisa dilihat di series 'Mandalorian'. Ini konser tapi kayak video klip gitu jadi ada sisi sinematiknya," lanjut Upie.

Penggunaan teknologi mutakhir ini tidak membuat Noah kesulitan. Menurut mereka tantangannya justru dalam memilih lagu mana yang akan dimainkan untuk memaksimalkan Unreal Engine tersebut.

"Kalau kita enggak terlalu banyak kesulitan, paling song list yang pas untuk memaksimalkan teknologi itu. Karena itu ada empat layer harusnya bisa kayak lebih dari 3 dimensi, bisa pindah-pindah tampilannya," ujar Ariel.

Pada pertunjukan tersebut, Noah akan membawakan lima lagu yang terdiri dari empat lagu dari album terbaru dan satu lagu lama. Konser ini pun akan menjadi sebuah sejarah baru di dunia pertunjukan Indonesia.

Sebelumnya, NOAH juga pernah menggelar konser virtual. Kala itu mereka menggunakan kamera 360 derajat untuk memberikan pengalaman penonton mendengarkan musik secara langsung.