Resmi Diluncurkan, Unreal Engine 5 Siap Digunakan Para Pengembang Gim di Seluruh Dunia Sekarang
Setelah diperkenalkan ke publik dua tahun lalu, Unreal Engine 5 akhirnya benar-benar dirilis. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Unreal Engine)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah dua tahun sejak diumumkan ke publik, dalam presentasi State of Unreal terbaru, Selasa, 5 April, Unreal Engine 5 sekarang sudah tersedia di seluruh dunia untuk semua pengembang. 

Seperti namanya, Unreal Engine 5 adalah penerus dari Unreal Engine 4, yang saat ini banyak digunakan dalam gim triple-A (AAA). UE5 kini mengadopsi teknologi baru yang lebih canggih, yang memungkinkan dapat menciptakan kualitas visual dan grafis 3D yang akan membuat gim lebih realistis.

Pemanfaatan teknologi Unreal Engine 5 sebelumnya sudah dipamerkan lewat demo gim The Matrix Awakens. Di konten tersebut diperlihatkan bahwa sebuah gim engine bisa menyajikan visual dari animasi sekelas film layar lebar namun berupa gim

Salah satu teknologi terbarunya adalah LumenLumen diklaim akan membuat pencahayaan dalam gim terlihat lebih nyata. Selain itu, ada juga Nanite, yang menurut Epic membuat developer bisa membuat gim dengan detail geometris yang sangat banyak.

Namun ada juga fitur-fitur praktis, seperti fitur untuk membagi tampilan open world dari sebuah gim menjadi bagian-bagian kecil, yang dapat memudahkan tim developer untuk menggarapnya secara terpisah.

Ada pula teknologi Temporal Super Resolution (TSR) yang memungkinkan UE5 melakukan teknik upsampling pada gambar yang memiliki resolusi rendah dengan ketelitian pixel yang sama dengan gambar yang memiliki resolusi yang lebih tinggi. Dengan demikian, TSR akan menghasilkan gambar yang lebih baik.

“Unreal Engine seperti toolbox yang memiliki banyak fitur, banyak solusi, sudah ada yang memungkinkan tim untuk mencoba hal-hal baru,” kata VFX dan lighting art director, Jakub Knapik.

Fakta bahwa Unreal sudah digunakan oleh banyak tim di dunia, banyak perspektif diproyeksikan ke dalam desain alat, dan itu membantu alat menjadi jauh lebih gesit. Ini membantu dalam pembuatan prototipe ketika dengan cepat membuat lingkungan yang juga terlihat sangat realistis.

Tentu saja, menggunakan Unreal Engine 5 tidak berarti bahwa Witcher berikutnya akan eksklusif untuk Epic Games Store. Tidak ada rincian lebih lanjut tentang sekuel yang diberikan, seperti kapan akan dirilis, tetapi itu akan tiba di Xbox Series X/S, PS5 dan PC di telepon.