Dana Cadangan Stablecoin BUSD Tidak Sesuai, Paxos Hentikan Hubungan dengan Binance
Stablecoin BUSD. (Foto; Dok. Coingraph)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan penerbit stablecoin, Circle, dikabarkan telah melaporkan ke Departemen Layanan Keuangan New York (NYDFS) tentang ketidaksesuaian dalam cadangan stablecoin Binance USD (BUSD), menurut laporan Bloomberg pada hari Minggu.

Circle, yang memantau data blockchain, menemukan bahwa Binance tidak menyimpan aset kripto yang cukup untuk mendukung jumlah BUSD yang telah dikeluarkan. Laporan tersebut ditemukan dari sumber internal yang tidak disebutkan namanya.

Sejumlah perusahaan lain juga melaporkan masalah seputar cadangan BUSD Binance di masa lalu, namun tindakan Circle dianggap signifikan karena mereka adalah pesaing langsung. Binance menyediakan BUSD sementara Circle menerbitkan USD Coin (USDC). Circle juga diatur oleh NYDFS bersama dengan Paxos, yang saat ini sedang diawasi oleh regulator terkait BUSD.

Informasi saja, BUSD (Binance USD) adalah stablecoin yang diterbitkan oleh Paxos Trust Company dengan dukungan dari Binance. Stablecoin ini didesain untuk mempertahankan nilai tetap sebesar 1 USD, dengan menjamin setiap token BUSD dapat ditukarkan dengan 1 USD yang sesungguhnya.

Stablecoin BUSD dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti pembayaran, perdagangan, dan investasi di platform-platform yang menerima BUSD sebagai alat pembayaran atau sebagai stablecoin yang dipatok (peg) ke nilai dolar AS.

Otoritas regulasi keuangan New York (NYDFS) memerintahkan Paxos untuk menghentikan produksi stablecoin Binance USD (BUSD) hari ini. Paxos mengumumkan bahwa mereka akan mematuhi permintaan tersebut dengan menghentikan penerbitan BUSD dan memutuskan hubungan dengan Binance dalam hal BUSD, seperti yang dilaporkan CryptoSlate.

Tindakan ini dilakukan ketika Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) nampaknya bersiap untuk mengambil tindakan atas masalah ini. SEC telah mengirimkan Pemberitahuan Wells (Wells Notice) ke Paxos. Meskipun demikian, Paxos mengatakan bahwa BUSD bukanlah sekuritas dan ia sangat tidak setuju dengan SEC.

Saat ini, BUSD senilai 15,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 230 triliun) beredar. CEO Binance, Changpeng Zhao, mengatakan bahwa bursa akan terus mendukung BUSD sambil mengurangi ketergantungan pada BUSD.

Sementara itu, Paxos mengatakan bahwa BUSD masih dapat ditukarkan melalui Paxos Trust hingga tahun 2024. Paxos akan terus menerbitkan stablecoin lainnya, Pax Dollar (USDP), yang saat ini memiliki total pasokan senilai 870 juta dolar AS (setara Rp 12,5 triliun).