Gempa Bumi Paling Banyak Korban Jiwa di Dunia, Indonesia Diguncang Dua Kali
Ilustrasi gempa paling banyak korban jiwa (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gempa magnitudo 7,8 M yang melanda Turki dan Suriah pada awal Februari 202 menambah catatan sebagai bencana gempa terdahsyat yang pernah terjadi. Gempa Turki tersebut juga menambah daftar gempa paling mematikan dengan korban jiwa terbanyak. Selain itu, gempa bumi manakah yang paling banyak menjadi korban jiwa di dunia?

Gempa bumi menjadi salah satu bencana alam paling mengerikan karena menimbulkan korban jiwa terbanyak sepanjang sejarah dunia. Berdasarkan catatan periode 2010-2019, bencana gempa bumi telah dirasakan hingga 267.480 korban jiwa secara global. 

Selain mengakibatkan banyak orang meninggal dunia, bencana gempa bumi juga dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah pada bangunan hingga jalan. Berdasarkan peristiwa sejarah yang pernah terjadi, di mana sajakah gempa bumi paling mematikan yang pernah ada?

Gempa Bumi Paling Banyak Korban Jiwa di Dunia

Gempa bumi dahsyat dengan dampak dahsyat pernah terjadi di berbagai penjuru dunia. Berikut daftar gempa bumi mengerikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah hingga hari ini.

Gempa di Tangshan, Cina

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,8-8,2 pernah melanda Tangshan, Cina, pada tahun 1976. Gempa besar tersebut mengakibatkan korban jiwa sebanyak 242.000 jiwa. Korban meninggal dunia tidak hanya disebabkan oleh guncangan gempa, namun juga dampak pasca gempa.

Pada masa itu, Tangshan merupakan daerah perkotaan yang padat industri di mana banyak pabrik-pabrik berdiri. Gempa tersebut menyebabkan banyak pabrik meledak dan terbakar. Selain itu, setelah gempa juga terjadi kebocoran limbah dan gas berbahaya. 

Gempa Haiti 

Gempa bumi dahsyat juga pernah mengguncang Haiti pada tahun 2010. Bencana alam tersebut menjadi gempa bumi yang dengan korban jiwa terbanyak di abad ke-21. Jumlah korban jiwa yang ditimbulkan oleh gempa bermagnitudo 7,0 tersebut mencapai sebanyak 222.570 jiwa. 

Gempa mematikan tersebut berhenti tidak jauh dari Port-au-Prince ibu kota Haiti, yakni hanya berjarak 25 kilometer. Pusat gempa tersebut berada di kedalaman 10 km di bawah tanah. Dengan kedalaman pusat gempa yang tergolong gempar, guncangan gempa mengakibatkan banyak gedung roboh di kota padat penduduk. 

Gempa Aceh

Salah satu gempa bumi mematikan di dunia juga tercatat pernah terjadi di Indonesia. Gempa Aceh pada 2004 menjadi bencana dengan korban mencapai 165.708 jiwa. Gempa berkekuatan Magnitudo 9,1-9,3 tersebut juga mengakibatkan tsunami yang menerjang daratan di ujung barat Pulau Sumatera. Tsunami terjadi dalam hitungan menit setelah gempa dan mengakibatkan gedung-gedung, rumah, hingga perkebunan porak-poranda. 

Gempa Valdivia, Chili

Gempa bumi lainnya yang paling banyak menimbulkan korban jiwa pernah terjadi di Alaska. Gempa yang melanda pada tahun 1960 tersebut memakan korban sebanyak 1.655 jiwa dan korban luka mencapai 3.000 orang. 

Gempa dahsyat berkekuatan Magnitudo 9,5 ini diikuti dengan bencana tsunami. Gelombang tsunami bahkan mengakibatkan kerusakan hingga ke Jepang, Hawai, dan Filipina. Dua hari pasca gempa terjadi bencana meletusnya gunung berapi Puyehue di dekat sana. Letusan tersebut menimbulkan abu dan uap hingga 6 kilometer ke atmosfer selama beberapa hari. 

Gempa Sumatera 

Indonesia pernah dua kali dilanda gempa dahsyat dengan korban jiwa terbanyak yang pernah ada, yakni pada gempa yang melanda Sumatera di tahun 2005. Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 8,7 ini menewaskan sebanyak 1.313 orang dan korban luka lebih dari 400 orang. Gempa yang diikuti oleh tsunami ini berpusat di 205 kilometer barat laut Sibolga, Sumatera, dan kedalaman 30 km. 

Selain gempa-gempa mengerikan di atas, gempa dengan korban jiwa terbanyak juga pernah terjadi di beberapa tempat berikut ini:

  • Gempa Assam, Tibet, pada tahun 1950 dengan kekuatan Magnitudo 8,6
  • Gempa Rat Island, Alaska, pada tahun 1965 dengan kekuatan Magnitudo 8,7
  • Gempa pesisir Ekuador pada tahun 1906 dengan kekuatan Magnitudo 8,8
  • Gempa Kamchatka, Rusia, pada tahun 1952 dengan kekuatan Magnitudo 9,0
  • Gempa Tohoku, Jepang, pada tahun 2011 dengan kekuatan Magnitudo 9,0
  • Gempa Alasaka pada tahun 1964 dengan kekuatan Magnitudo 9,2

Demikianlah ulasan mengenai gempa bumi paling banyak korban jiwa yang pernah terjadi dalam sejarah hingga hari ini. Gempa bumi menjadi bencana alam paling mematikan dengan jumlah korban terbanyak. Selain itu, gempa bumi juga sering diikuti dengan bencana mengerikan lainnya seperti tsunami dan gunung meletus. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate, nasional maupun internasional.