4 Cara Ini Bisa Membantu Anda Mendeteksi Akun Palsu di Twitter
Cara menemukan akun palsu (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Munculnya Elon Musk sebagai pemilik Twitter yang baru, sudah banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah cara orang mendapatkan centang biru verifikasi. 

Saat ini, Twitter memiliki dua cara untuk mendapatkan centang biru di akun seseorang. Pertama adalah dengan cara berlangganan Twitter Blue, dan yang kedua adalah diberikan oleh Twitter secara langsung. 

Adanya kebijakan baru ini diharapkan dapat mengurangi akun palsu di platform tersebut. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak akun palsu yang bertebaran di Twitter. 

Untuk itu, penting bagi Anda mencari tahu apakah akun seseorang itu palsu atau tidak. Berikut ini ada beberapa cara yang mungkin dapat Anda coba untuk menemukan akun palsu di Twitter. 

Periksa Profil Akun

Pertama, pastikan Anda memeriksa profil akun tersebut terlebih dahulu. Seorang pengguna nyata biasanya akan memiliki biodata menarik, foto profil, dan postingan yang terdiri dari lebih dari sekadar retweet

Jika akun tersebut milik selebriti, dan mereka menyertakan biografi yang hanya satu kalimat seperti menyertakan frasa "influencer media sosial" atau mereka mempromosikan sesuatu yang tidak sesuai, maka Anda bisa mencurigai bahwa akun tersebut palsu. 

Cek Cara Mereka Diverifikasi Twitter

Dengan verifikasi yang dibagikan kepada setiap pengguna Twitter Blue yang memverifikasi nomor, mengidentifikasi akun palsu bisa jadi lebih sulit. Tanda centang biru biasanya menunjukkan keaslian, tapi sekarang seseorang mungkin bisa mendapatkannya dengan membayar langganan saja. 

Kabar baiknya adalah Anda masih bisa mendapatkan beberapa petunjuk tentang verifikasi mereka. Jika akun memiliki tanda centang biru, klik dan lihat info apa yang muncul. Jika akun tersebut telah diverifikasi oleh Twitter, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah akun asli.

Periksa Aktivitas Tweet

Jika Anda menemukan nama yang sama dengan akun yang berbeda, pastikan Anda memeriksa aktivitas tweet mereka. Akun palsu akan cenderung kekurangan aktivitas, jadi lihat seberapa sering mereka menge-tweet. 

Selain itu, penting juga untuk memeriksa konten tweet merek dan apakah pengguna tersebut berinteraksi dengan pengguna lain atau tidak. 

Pengguna nyata biasanya akan terlibat dalam percakapan, menanggapi, dan me-retweet konten dari pengguna lain. Akun palsu cenderung memiliki banyak komunikasi satu arah saja.

Cari Tahu Siapa yang Mereka Ikuti dan Siapa yang Mengikuti 

Jika sebuah akun mengikuti ratusan akun lain tetapi hanya memiliki sedikit pengikut, ini bisa menjadi tanda lain bahwa akun tersebut mungkin palsu.

Selain itu, jika semua orang yang mengikuti mereka tampak seperti bot (yaitu, nama dengan nomor acak), maka ini juga bisa mengarah ke scammer atau troll yang mencoba mendapatkan perhatian melalui cara yang tidak sah.