Startup Cybersecurity dari Indonesia, Paireds, Luncurkan Fitur Automasi ISO 27001
Ilustrasi keamanan cyber. (Foto Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Keamanan data pribadi masih menjadi pekerjaan rumah yang harus serius dibenahi di Indonesia hingga saat ini.

Bahkan, sepanjang tahun 2022 ini Indonesia dihebohkan setidaknya dengan tujuh dugaan kasus kebocoran data yang berasal dari perusahaan besar, lembaga, hingga instansi pemerintah.

Semua kasus kebocoran data ini terungkap kepada publik karena data-data tersebut dijual bebas di forum online. Salah satu peretas sekaligus penjual data-data tersebut adalah akun bernama "Bjorka", yang sempat bikin ramai warganet Indonesia.

Menurut Paireds, kasus bocornya data di tahun 2022 tersebut banyak disebabkan oleh elemen manusia, bukan saja kelemahan dari sebuah sistem, oleh karenanya perusahaan jangan berfokus pada mengamankan sistem saja namun juga memiliki tata kelola human resource security yang baik.

Automasi Security Compliance Paireds

Paireds membantu perusahaan meningkatkan praktik cloud security dan solusi compliance dengan mudah, dengan machine learning dan engine yang dimilikinya Paireds akan melakukan scanning seluruh infrastruktur cloud clientnya sehingga proses evidence collection dan governance lainya menjadi otomatis dan mudah, salah fitur otomatis tersebut dapat digunakan dalam framework compliance ISO 27001

ISO 27001 adalah standar internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). Menerapkan standar ini dapat memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan, antara lain:

Peningkatan keamanan: ISO 27001 membantu organisasi mengidentifikasi dan mengelola risiko keamanan informasi, melindungi informasi sensitif dan mengurangi kemungkinan pelanggaran data atau insiden keamanan lainnya.

Kredibilitas yang meningkat: Perusahaan yang menerapkan ISO 27001 menunjukkan komitmen terhadap keamanan informasi dan dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas mereka dengan pelanggan, pemasok, dan pemangku kepentingan.

Manajemen risiko yang ditingkatkan: Standar ini memberikan pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi, menilai, dan memitigasi risiko keamanan informasi, membantu organisasi membuat keputusan berdasarkan informasi tentang manajemen risiko.

Peningkatan daya saing: Perusahaan yang menerapkan ISO 27001 dapat memperoleh keunggulan kompetitif dengan menunjukkan komitmen mereka terhadap keamanan informasi, yang dapat menjadi faktor pembeda di pasar yang ramai.

Kelangsungan bisnis yang lebih baik: ISO 27001 membantu organisasi mengembangkan dan menerapkan rencana untuk menanggapi insiden keamanan, memastikan bahwa mereka siap untuk melanjutkan operasi bisnis jika terjadi pelanggaran keamanan.

Secara keseluruhan, penerapan ISO 27001 dapat membantu organisasi meningkatkan postur keamanan informasi mereka, memenuhi persyaratan peraturan, dan meningkatkan kredibilitas dan daya saing mereka.