Binance dan Perusahaan Kripto Lain Sumbangkan Dana untuk Korban Gempa Turki
Binance bantu korban gempa Turki. (Foto; Dok. Coinrivert)

Bagikan:

JAKARTA – Pada Senin 6 Februari 2023, gempa bumi 7,8 skala richter mengguncang Turki tenggara dan sebagian wilayah Suriah,  menelan korban ribuan jiwa. Hal ini menjadi pusat perhatian masyarakat global termasuk komunitas kripto.

Baru-baru ini, perusahaan perdagangan kripto terbesar berdasarkan volume perdagangan hariannya, Binance, telah mencatatkan namanya ke dalam daftar perusahaan kripto yang memberikan bantuan kepada korban gempat Turki.

Binance akan memberikan BNB senilai 100 dolar AS kepada setiap pengguna Binance Turki yang terdampak. Perusahaan kripto yang didirikan oleh Changpeng Zhao itu meluncurkan alamat donasi publik di mana setiap orang dapat berkontribusi.

Binance juga berjanji untuk memberikan sumbangan sebesar 100 dolar AS dalam bentuk token Binance Coin (BNB) kepada pengguna di kota-kota yang paling parah terkena dampak gempa bumi di Turki, termasuk Gaziantep, Kilis, Kahramanmaraş, Adana, Malatya, dan masih banyak lagi. Total sumbangan ini setara dengan 94 juta lira Turki, atau setara dengan 5 juta dolar AS. Hal ini diumumkan oleh CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ).

"Gempa bumi yang terjadi baru-baru ini di Turki telah memberikan dampak yang sangat buruk bagi banyak orang dan masyarakat. Kami berharap bahwa upaya kami akan memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak. Kami juga mengajak rekan-rekan industri kami untuk sekali lagi bersatu dan memberikan dukungan di masa krisis ini," kata CZ, dikutip CryptoPotato.

Tidak hanya untuk penggunanya, Binance juga meluncurkan alamat donasi publik di mana orang dapat mengirim BTC, ETH, BNB, BUSD, dan XRP untuk meringankan penderitaan warga yang menjadi korban gempa.

Selain Binance, sejumlah perusahaan kripto lainnya seperti Bybit, BitMEX, dan Bitfinex turut berpartisipasi dalam menggalang dana untuk para korban gempa. BitMEX sendiri berencana mendonasikan hasil kompetisi trading pekan ini ke Bulan Sabit Merah.