Apa Itu <i>Early Warning System?</i> Begini Tujuan dan Cara Kerjanya
Ilustrasi early warning system (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemasangan Early Warning System (EWS) sangat penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah rawan bencana alam. Early Warning System adalah rangkaian sistem yang yang berfungsi memberi informasi akan munculnya kejadian alam. EWS akan memberitahu terkait bencana atau fenomena alam lainnya yang akan terjadi. 

Penerapan early warning system bertujuan untuk meminimalisir risiko bencana alam yang akan terjadi. Dengan adanya sistem ini, masyarakat bisa lebih bersiap dan siaga dalam menghadapi potensi bencana alam. Apabila peringatan dini disampaikan secara tepat waktu, maka dampak dari bencana alam dapat diperkecil. 

Peringatan dini bencana alam adalah kegiatan memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat. Penerapan early warning system sangat penting mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki risiko bencana alam cukup tinggi, mulai dari gempa bumi, gunung meletus, angin puting beliung, dan bencana lainnya. 

Apa Itu Early Warning System?

Early Warning System dimunculkan atas dasar antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang dapat menimbulkan kerugian bagi manusia. Bencana yang dimaksud tidak sebatas pada faktor geografis atau kejadian alam semata. Namun juga terkait bencana yang diciptakan oleh manusia, seperti perang antar negara, krisis pangan, penyebaran penyakit, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, EWS menjadi sebuah kemajuan atau inovasi untuk meminimalisir kerugian infrastruktur khususnya korban jiwa akibat bencana. Dilansir dari mipa.ugm.ac.id, EWS diimplementasikan sebagai sebuah rantai dari sistem komunikasi informasi yang terdiri dari kumpulan sensor, pendeteksi kejadian, serta sub sistem keputusan. Rangkaian sistem tersebut bekerja bersama untuk memprediksi gangguan-gangguan sinyal yang bisa berdampak merugikan bagi kestabilan sistem. 

Dalam kondisi kritis, peringatan dini secara umum merupakan penyampaian informasi yang diwujudkan dengan alat berbentuk sirine, kentongan, dan lainnya. Namun saat ini bentuk penyampaian peringatan dini telah berkembang dengan adanya kemajuan teknologi. Peringatan dini bisa disampaikan secara lebih cepat dan tepat. Ketika informasi diberitahukan lebih cepat maka masyarakat memiliki waktu yang lebih longgar untuk meresponnya. 

Tujuan Early Warning System 

Early warning system atau peringatan dini bertujuan untuk membantu masyarakat mengantisipasi dan siap siaga menghadapi bencana, sehingga risiko yang ditimbulkan bisa diperkecil. 

Tujuan akhir dari sistem peringatan dini adalah agar masyarakat dapat hidup dan menjalani aktivitas dengan aman di suatu daerah atau kawasan. Tujuan tersebut memerlukan sejumlah hal pendukung agar bisa tercapai dengan maksimal, di antaranya:

  • Diketahuinya daerah-daerah rawan bencana di Indonesia.
  • Meningkatkan wawasan, attitude, dan praktek dari masyarakat dan aparat terkait fenomena bencana, gejala-gejala awal, dan mitigasinya. 
  • Tertatanya suatu kawasan dengan mempertimbangkan potensi bencana.
  • Perlunya pemahaman terhadap sumber bencana.

Tujuan sistem peringatan dini bagi masyarakat:

  • Menyampaikan informasi secara cepat terkait potensi/ancaman, hingga terjadinya bencana.
  • Merespon secara cepat dan tepat ancaman/potensi terjadinya bencana.
  • Membantu proses evakuasi penduduk secara lebih cepat.
  • Mengurangi dan mencegah timbulnya dampak bencana.

Pelaksanaan Sistem Peringatan Dini Modern

Peringatan dini bencana secara modern dilakukan dengan pemantauan aktivitas di atmosfer. Pengamatan dilakukan secara periodik dengan satelit maupun peralatan berteknologi canggih. Sistem peringatan dini modern membantu kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana secara lebih efektif.

Namun sistem peringatan dini modern atau EWS memerlukan biaya yang besar untuk pengaplikasiannya. Komponen biaya yang harus dikeluarkan mulai dari biaya instansi perangkat keras, perangkat lunak, jaringan telekomunikasi dan operasionalnya.  

Demikianlah ulasan mengenai apa itu early warning system atau EWS. Early warning sistem adalah peringatan dini dengan penerapan secara modern memanfaatkan teknologi canggih. Supaya dapat bekerja secara maksimal, EWS memerlukan dukungan dari aspek lain, yaitu tindakan aktif masyarakat, fasilitas edukasi publik, dan penyebaran informasi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.