Membedah Apa Isi Black Box Pesawat, Barang Paling Dicari saat Kecelakaan
Ilustrasi kokpit pesawat (foto: Freepik/DCStudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kotak hitam atau black box adalah salah satu alat penting di dalam pesawat terbang. Saat terjadi gangguan hingga kecelakaan pesawat, biasanya alat ini yang dijadikan sebagai sumber penyelidikan. Sebenarnya apa isi black box pesawat?

Black box pesawat merupakan alat yang digunakan untuk merekam data selama pesawat diterbangkan. Meski ada istilah ‘black’ namun alat ini sebenarnya berwarna cerah, yaitu oranye. Pemilihan warna tersebut dimaksudkan agar tim pencari mudah menemukan alat tersebut. 

Penamaan black box sendiri dimulai sejak masa Perang Dunia II. Dulunya alat pendeteksi ini dicat warna hitam supaya tidak memantulkan cahaya. Penemuan alat ini sangat berdampak besar pada dunia penerbangan. Ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu apa isi black box. 

Apa Isi Black Box?

Black box pesawat terdiri dari dua alat perekam, yakni flight data recorder atau FDR (perekam data penerbangan) dan cockpit voice recorder atau CVR (perekam suara di kokpit). 

FDR berisi rekaman kecepatan, percepatan vertikal, aliran bahan bakar, dan ketinggian. Semenatara CVR berisi mengenai pembicaraan atau percakapan yang terjadi di kokpit selama penerbangan. 

Selain itu, black box juga dilengkapi dengan perangkat Underwater Locater Beacon (ULB). Perangkat tersebut akan aktif setelah perekam bersentuhan dengan air. Perangkat tersebut akan mengirimkan sinyal dari kedalaman 14.000 kaki. 

Black box menjadi komponen pesawat yang paling dicari setelah terjadi kecelakaan. Apabila black box ditemukan, selanjutnya penyidik akan membawanya ke laboratorium untuk mengunduh data yang tersimpan di dalamnya. Selanjutnya akan direkontruksi ulang semua peristiwa selama penerbangan sebelum kecelakaan. Namun proses ini memerlukan waktu cukup lama, bisa berminggu-minggu hingga bulanan.

Bentuk Black Box

Black box merupakan tabung yang umumnya memiliki warna oranye. Alat perekam ini memiliki ukuran tidak lebih besar dari kotak sepatu. Tabung black box ini memiliki bahan dan kerangka yang kuat sehingga mampu menahan benturan atau bantingan sangat tinggi. Bahkan black box mampu menahan benturan dinding beton dengan kecepatan 750 kilometer per jam. 

Selain itu, black box juga memiliki ketahanan kedap air hingga mencapai kedalaman 6.000 meter (m) dan tahan suhu panas hingga di atas 1.000 derajat celcius selama setidaknya 30 menit. Saat di dalam air, black box mampu memberikan sinyal lokasi atau keberadaannya selama 30 hari. 

Penempatan Black Box di Pesawat

Black box biasanya ditempatkan di badan pesawat pada bagian yang aman atau tidak mudah rusak. Umumnya alat tersebut dipasang di bagian tengah atau bagian belakang dekat roda pesawat. 

Fungsi Black Box Pesawat

Black box bisa dibilang sebagai alat kunci untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Black box berfungsi untuk mencatat percakapan kru pesawat dan memonitor setiap suara yang terjadi di kokpit. 

Black box bisa merekam semua kejadian sebelum terjadinya kecelakaan. Selain itu, alat ini juga memiliki sejumlah fungsi lainnya yaitu:

Mengetahui tekanan udara

Teknologi FDC dalam black box akan merekam tekanan udara saat pesawat dijalankan. Selain itu teknologi ini juga bekerja untuk memantau informasi percepatan, kecepatan, ketinggian, posisi kontrol kokpit, termometer, pengukuran mesin, aliran bahan bakar, status autopilot, posisi kontrol kokpit, pengukur mesin, beralih posisi, dan berbagai parameter lainnya. 

Memudahkan pencarian lokasi

Black box juga dirancang memiliki Crash Survivable Memory Unit (CSMU). Fitur ini berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi termal besi dan baja. Teknologi tersebut mampu menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 - 12.000 kali. 

Saat tenggelam di laut, pesawat akan memancarkan perekam ultrasonik dan sinyal yang dapat mencapai permukaan dari kedalaman 14.000. Cara ini dilakukan untuk meudahkan pencarian lokasi kecelakaan pesawat.

Demikianlah ulasan mengenai apa isi black box pesawat dan fungsinya. Alat ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk merekam data selama perjalanan pesawat. Itulah mengapa alat ini selalu dibutuhkan paling utama saat terjadi kecelakaan pesawat

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.