Tahun 2023 dan Seterusnya, Google Akan Fokus pada Pengembangan Teknologi AI
Google akan fokus dalam pengembangan kecerdasan buatan yang bertanggungjawab (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pada tahun 2023 dan seterusnya, tampaknya Google akan berfokus pada pengembangan dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) yang bertanggungjawab di semua produknya. 

"Ini adalah waktu yang menyenangkan dalam pengembangan AI. Pendekatan kami untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi AI didasarkan pada misi pendirian kami untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal dan itu dibentuk oleh komitmen kami untuk meningkatkan kehidupan sebanyak mungkin orang," kata SVP, Technology & Society Google, James Manyika dalam blog Google. 

Google percaya bahwa AI adalah teknologi dasar dan transformasional yang akan memberikan manfaat yang menarik dan bermanfaat bagi manusia dan masyarakat melalui kemampuannya untuk membantu, melengkapi, memberdayakan, dan menginspirasi orang di hampir setiap bidang usaha manusia. 

AI memiliki potensi untuk berkontribusi dalam mengatasi beberapa tantangan dan peluang masyarakat yang paling mendesak, dari aktivitas sehari-hari hingga yang lebih kreatif dan imajinatif.

Sebagai perusahaan informasi dan ilmu komputer, Google bertujuan untuk dan telah menjadi yang terdepan dalam memajukan AI melalui penelitian terobosan dan penentuan lapangan untuk mengembangkan AI yang lebih berguna. 

"Dari penelitian dan pengembangan ini, kami menghadirkan terobosan inovasi ke dunia nyata untuk membantu orang dan memberi manfaat bagi masyarakat di mana saja melalui infrastruktur, alat, produk, dan layanan kami, serta melalui memungkinkan dan bekerja dengan orang lain untuk memberi manfaat bagi masyarakat," jelas Manyika. 

Meski sadar bahwa AI merupakan teknologi yang masih berkembang, ke depannya, inovasi AI ini diharapkan dapat membantu membuka penemuan ilmiah dan mengatasi tantangan-tantangan terbesar manusia. 

"Pengembangan dan penggunaan AI kita harus mengatasi risiko ini. Itulah mengapa kami sebagai perusahaan menganggap penting untuk mengejar AI secara bertanggung jawab," tegasnya. 

Dengan demikian, Google berkomitmen untuk memimpin dan menetapkan standar dalam mengembangkan dan mengirimkan aplikasi yang berguna dan bermanfaat, menerapkan prinsip etika yang didasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan, dan mengembangkan pendekatan perusahaan saat mereka belajar dari penelitian, pengalaman, pengguna, dan komunitas yang lebih luas.

"Kami yakin bahwa inovasi yang mendukung AI yang kami fokuskan untuk dikembangkan dan disampaikan dengan berani dan bertanggung jawab berguna, menarik, dan memiliki potensi untuk membantu dan meningkatkan kehidupan orang di mana pun. Dan kami sangat senang dengan apa yang akan terjadi di tahun 2023 dan seterusnya saat kami bersiap untuk berbagi beberapa pengalaman inovatif baru!" tandasnya.