Pi Network Hackathon Akan Digelar, 1.800 Proyek Siap Berpartisipasi
Belasan ribu proyek berpartisipasi dalam Pi Network Hackhathon. (Foto; Dok. OverClockers)

Bagikan:

JAKARTA – Penambangan kripto sempat menjadi permasalahan bagi sejumlah pihak terutama terkait konsumsi listriknya yang tinggi. Pi Network hadir dengan mebmerikan solusi penambangan baru dengan menggunakan ponsel tanpa harus menguras daya listrik dan baterai perangkat.

Menurut laporan BSC, Blockchain Pi tidak hanya mengamankan transaksi ekonomi melalui sistem meritokrasi seluler, tetapi juga pengalaman Web3 lengkap di mana pengembang komunitas dapat membangun aplikasi terdesentralisasi untuk jutaan pengguna.

Pada 9 Januari kemarin Pi Network memulai gelaran Pi Hackathon. Dalam acara tersebut terdapat 1.800 proyek yang telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam Pi Network Hackhathon. Ini adalah peluang baru untuk mengembangkan jaringan sebelum peluncuran mainnet Pi Network.

Pi Network Hackathon akan berlangsung dari 9 Januari hingga 28 Februari, dengan hadiah lebih dari 30.000 dolar AS untuk diperebutkan. Hackathon akan menjadi yang kedua dalam sejarah Pi Network, dengan yang pertama digelar pada Oktober 2021.

Dalam gelaran Pi Hackhathon terbaru ini akan berfokus pada tiga tema yaitu media sosial, game dan hiburan, serta utilitas konsumen. Peserta juga dipersilakan untuk melakukan inovasi apa pun yang mereka pilih.

Hype untuk hackathon Pi Network sangat besar. Hackathon adalah peluang besar bagi proyek yang berpartisipasi dalam Mainnet Tertutup untuk memamerkan karya mereka kepada audiens yang lebih besar sambil juga memberikan proyek baru kesempatan untuk membangun dalam Pi Network yang tertutup.

Co-Founder dan CFO BSC News, dan influencer Pi terkemuka, Ben Antes, percaya hackathon akan menarik perhatian dari pemodal ventura. Perhatian VC ini bisa menjadi pemandangan yang ramah untuk proyek-proyek Pi Network yang telah dibangun secara tertutup selama bertahun-tahun.

“Dugaan saya, hackathon ini akan mendapat banyak perhatian dari dunia modal ventura. Saya berharap banyak proyek hebat mendapatkan perhatian yang layak mereka dapatkan untuk membangun Dapps berkualitas tinggi. Dan kemudian semuanya dikirimkan dengan cepat dan mainnet terbuka :-),” tulis Ben dalam postingan Twitter @kcryptoinvest, 9 Januari 2023.

Komunitas kripto khususnya komunitas Pi mengharapkan proyek tersebut dapat membuat langkah besar dengan fokus pada tiga tema di atas. Mereka juga berharap Pi Coin dapat memiliki utilitas yang lebih besar. Pi Coin masih belum terhubung ke luar jaringan karena dikembangkan secara tertutup. Sejumlah bursa kripto di luar juga mulai mendaftarkan koin Pi secar tidak resmi.

Pada akhirnya, keberhasilan Pi Network Hackathon akan bergantung pada peluncuran mainnet oleh Tim Inti. Garis waktu untuk mengintegrasikan proyek dan aplikasi yang sukses akan menjadi kunci, karena banyak proyek di Pi Network sudah menghadapi kesulitan keuangan karena kurangnya koneksi fiat ke Pi Coin.