Kenalan dengan AtlasOS, Modifikasi Windows 10 untuk Para <i>Gamer</i>
AtlasOS merupakan modifikasi sumber terbuka Windows 10. (foto: dok. ist)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi para gamer mereka tidak hanya membutuhkan kecepatan internet, tetapi juga komputer dengan sistem operasi yang mumpuni untuk bermain gim, seperti AtlasOS.

Meski terdengar asing, AtlasOS merupakan modifikasi sumber terbuka Windows 10. Sistem operasi untuk Personal Computer (PC) ini didesain ulang, yang menurut pembuatnya, telah dirancang khusus untuk para gamer.

Dengan AtlasOS, pengguna dapat menikmati frekuensi gambar yang lebih tinggi dan penundaan input serta latensi lebih rendah. Diklaim sistem operasi ini cocok untuk PC khusus gim high-end dan low-end.

Lebih lanjut, terncantum pada laman resmi proyek, fitur utama AtlasOS mencakup pengurangan jumlah proses yang berjalan untuk menurunkan tekanan komputasi pada CPU, sekaligus menurunkan latensi sistem pada saat yang bersamaan.

Ini akan menghasilkan lebih banyak ruang penyimpanan, karena ISO AtlasOS cukup kecil dibandingkan dengan gambar resmi Windows.

Menariknya, AtlasOS digadang-gadang lebih aman di mana mereka fokus pada privasi karena telemetri Windows telah dinonaktifkan, transparansi sumber terbuka, sehingga pengguna dan pembuat kode dapat memeriksa jenis modifikasi apa yang sebenarnya dibawa AtlasOS ke Windows 10.

Jika dibandingkan dengan versi Windows 10 21H1 stok, rilis terbaru AtlasOS (0.5.2) memangkas jumlah proses yang berjalan dari 185 menjadi sekitar 35.

Sistem operasi ini juga menghemat penggunaan RAM, dari 1,5GB menjadi 600MB. Latensi proses, yang disebut pembuat AtlasOS sebagai topik lengket, juga turun dari 3,09 menjadi 2,55.

Dikutip dari TechBlog, Kamis, 29 Desember, agar lebih menonjol, AtlasOS menghapus semua kelemahan negatif Windows yang dapat memengaruhi kinerja gim secara negatif, sambil meningkatkan latensi sistem dan jaringan serta kelambatan input pada saat yang bersamaan.

AtlasOS juga menonaktifkan mitigasi terhadap kelemahan keamanan perangkat keras pada prosesor Intel dan AMD modern seperti Spectre dan Meltdown, mengikuti prinsip jika tindakan mitigasi keamanan menurunkan kinerja, tindakan tersebut akan dinonaktifkan.

Terakhir, AtlasOS juga menghilangkan fitur standar (keamanan) yang tidak dibutuhkan untuk bermain gim, seperti Trusted Platform Module (TPM), BitLocker, Windows Defender, Voice Recognition, Restore Points & System Reset.