Spesifikasi Dassault Falcon 7X dan 8X, Pesawat Jet RI yang Akan Angkut Penumpang VVIP
Ilustrasi pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X . (Timothy Newman-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Spesifikasi Dassault Falcon 7X dan 8X menuai sorotan pasca kedatangannya di Indonesia. Pesawat jet Dassault Falcon 7X dan 8X tersebut dibeli oleh Pemerintah guna memperkuat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam melaksanakan tugasnya.

Spesifikasi Dassault Falcon 7X dan 8X

Seperti diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan penggunaan dua pesawat jet tipe Dassault Falcon 7X dan Falcon 8X di Bandara Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 28 Desember 2022.

Dua pesawat jet tersebut diterbangkan dari Perancis ke Dubai pada hari Senin, 26 Desember. Setelah itu dikirim ke Indonesia dari Dubai, UEA.

Seperti diketahui, Falcon 7X dan Falcon 8x adalah pesawat jet buatan Dassault Aviation di Bordeaux-Merignac, Perancis. Jet Falcon 7X dibuat pada 2005. Produsen mengklaim tipe pesawat tersebut merupakan Falcon terlaris sekaligus jet berteknologi digital pertama di dunia. Keberhasilan Falcon 7X kemudian diikuti oleh Falcon 8X (2015).

Terkait spesifikasi, Falcon 7X menyediakan tiga kru awak pesawat meliputi pilot, kopilot, dan satu pramugari. Selain itu pesawat tersebut mampu mengankut 12 penumpang. Sedangkan Falcon 8X yang memiliki badan pesawat lebih lebar mampu mengangkut 16 penumpang.

Meski berbeda ukuran, Falcon 7X dan 8X dibekali oleh tiga mesin buatan Kanada yang memungkinkan terbang dengan ketinggian 51.000 kaki dengan maximal operating speed mencapai 370 kts/0.9 mach.

Untuk Falcon 7X memiliki tiga mesin Pratt & Whitney Canada PW307A. Masing-masing mesin punya daya dorong 6.400 lbf, sehingga total tiga mesin memiliki daya dorong 19.200 lbf.

Sedangkan Falcon 8X dibekali dengan tiga mesin Pratt & Whitney Canada PW300, yang setiap mesin punya daya dorong sebesar 6.722 lbf sehingga total daya dorong tiga mesin mencapai 20.166 lbf.

Mesin yang terpasang pada masing-masing pesawat membawa sejumlah keunggulan, salah satunya terkait jarak tempuh. Falcon 7X memilikiketahanan terbang (endurance) selama 10,5 jam, sedangkan untuk Falcon 8X adalah 12 jam. Sedangkan jarak yang bisa ditempuh masing-masing adalah 5.950 Nm dan 6.450 Nm.

Sedangkan untuk kabin, kabin Falcon 8X lebih panjang dibanding 7X yakni 13 meter mengingat badan pesawat lenih besar. Sedangkan Falcon 7X memiliki kabin sepanjang 11,91 meter.

Terkait harga, menurut Aviation Week Falcon 8X dibanderol mulai dari 58 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp870 miliar.

Fungsi Pesawat Dassault Falcon 7X dan 8X

Menhan Prabowo Subianto sendiri menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia, khususnya TNI Angkatan Udara (AU) akan menggunakannya untuk menjalankan tugas kepemimpinan sehingga pergerakannya lebih cepat.

"Dua pesawat yang kami sebut pesawat kodal, komando pengendalian ini, diperuntukkan untuk unsur pimpinan agar dapat dengan cepat bergerak untuk melaksanakan fungsi kepemimpinannya mendukung markas besar TNI dan markas besar tiga angkatan. Jadi, pimpinan TNI, pimpinan angkatan, bisa lebih memiliki kecepatan bergerak," ucap Prabowo di Hanggar Skadron Udara 17, Bandara Halim Perdanakusuma, dikutip dari Antara.

Jet Dassault Falcon 7X dan 8X milik TNI AU itu berwarna abu dengan dua garis berwarna merah dan putih di sepanjang badan. Sedangkan di bagian ekor terdapat roundel tanda pengenal khas TNI AU.  Ke depannya, dua pesawat tersebut akan dioperasikan oleh Skadron Udara 17 di Lanud Halim Perdanakusuma untuk penumpang VVIP.

Itulah informasi terkait spesifikasi Dassault Falcon 7X dan 8X. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.