Bagikan:

JAKARTA – Saat mobil terbang telah lama menjadi visi film fiksi ilmiah, banyak perusahaan, termasuk NASA, kini mulai mewujudkannya.

Namun, badan antariksa AS telah membuat satu mobil terbang 'hancur di luar dugaan' setelah menabraknya dengan sengaja.

Tes ini dilakukan untuk melihat bagaimana kendaraan lepas landas dan pendaratan vertikal listrik (eVTOL) akan merespons peristiwa semacam itu.

Mensimulasikan 'kecelakaan parah', para insinyur NASA menjatuhkan tiruan eVTOL yang berisi enam boneka uji tabrakan dari ketinggian.

Pesawat uji adalah desain referensi pemerintah untuk pesawat eVTOL semua komposit dengan enam orang futuristik.

Itu adalah model 'Lift+Cruise', artinya akan lepas landas secara vertikal dan meluncur seperti pesawat konvensional.

Sebelum dijatuhkan, berbagai percobaan dipasang pada pesawat uji yang memungkinkan peneliti memahami seberapa realistis simulasi itu.

Pengujian ini termasuk beberapa konfigurasi kursi, boneka uji tabrak dengan berbagai ukuran dan subfloor komposit penyerap energi modular yang dikembangkan NASA.

Pesawat pertama kali diangkat ke udara di fasilitas Landing and Impact Research (LandIR) di Pusat Penelitian Langley NASA di Hampton, Virginia.

Kemudian dilepaskan dengan pemotong piroteknik, dan menghasilkan 'keruntuhan menyeluruh' yang melampaui prediksi komputer.

Sementara pangkalan kokpit uji dan kursi pengaman berfungsi sebagaimana mestinya, namun struktur di atas kepala runtuh. Berat simulasi mekanik penerbangan di atas kokpit tampaknya menghancurkan ruang penumpang.

"Sementara kami masih menelusuri data dan video, dan hasil ini masih awal, kami melihat bahwa ada dua peristiwa utama yang terjadi selama pengujian ini," kata Justin Littell, asisten peneliti untuk Cabang Dinamika Struktural Langley, seperti dikutip Daily Mail.

Sebuah laporan merinci hal ini sebagai: 'Peristiwa pertama adalah penghancuran lantai dan kursi. Subfloor dan kursi penyerap energi berfungsi sebagaimana mestinya dan membatasi efek benturan pada boneka uji tabrak.”

“Yang kedua adalah runtuhnya struktur overhead. Efek dari keruntuhan struktur overhead pada crash test dummies masih ditentukan,” tambah Littell.

NASA telah mengakui bahwa berbagai desain eVTOL akan bekerja secara berbeda, dan akan menganalisis data dalam uji jatuh ini dan yang akan datang.

“Untuk tes ini, sebuah overhead-massa dirancang untuk mewakili struktur sayap, rotor dan baterai. Keputusan dibuat untuk mengasumsikan bahwa semua bobot struktur di atas kepala berada di atas kabin. Ada banyak konfigurasi overhead-mass lainnya yang mungkin berperilaku berbeda saat crash,” kata seorang juru bicara Pusat Penelitian Langley dikutip Daily Mail.

“Tes itu sukses besar bagi tim kelayakan kecelakaan di Langley,” tambah Littell. “Kami berhasil menguji konsep kendaraan eVTOL yang mewakili enam penumpang, sayap tinggi, massa di atas kepala, kendaraan multi-rotor, memperoleh lebih dari 200 saluran data, dan mengumpulkan lebih dari 20 tampilan kamera onboard dan off-board.”

“Model pretest komputasi kami melakukan pekerjaan yang baik memprediksi deformasi komposit sampai kegagalan struktural overhead,” ucapnya. “Namun, model komputasi tidak memprediksi keruntuhan keseluruhan seperti yang terlihat dalam pengujian.”

Data pengujian skala penuh dari eksperimen onboard akan digunakan untuk meningkatkan model simulasi sehingga di masa mendatang, prediksi akan lebih realistis.

Data selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi kondisi dan konfigurasi pengujian potensial yang akan digunakan selama uji jatuh artikel uji kedua, yang dijadwalkan pada akhir 2023.

Tes tersebut diselesaikan sebagai bagian dari proyek Revolutionary Vertical Left Technology (RVLT) NASA untuk memajukan penelitian untuk misi Advanced Air Mobility (AAM).

NASA mengatakan visinya untuk AAM adalah untuk membantu pasar penerbangan yang sedang berkembang dengan aman mengembangkan sistem transportasi udara yang memindahkan orang dan kargo di antara tempat-tempat yang sebelumnya tidak terlayani atau kurang terlayani oleh penerbangan.

“Memahami bagaimana pesawat masa depan ini dapat bertindak dalam skenario kecelakaan adalah poin kunci penelitian lainnya,” ucap mereka.