Menilik Industri <i>Game</i> di Indonesia, Lengkap dengan Sejarah dan Profesi Baru yang Berkaitan
Ilustrasi gamers tengah bermain (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perkembangan industri game di Indonesia terus mendapat sorotan, terutama dari pemerintah. Industri permainan video ini tergolong dalam dunia hiburan, teknologi, dan dunia kreatif. Untuk memahami bagaimana industri ini di Indonesia, simak ulasan singkat berikut ini.

Sejarah Industri Game di Indonesia

Industri gim permainan video adalah salah satu sektor ekonomi yang di dalamnya mencakup pengembangan, pemasaran, hingga penjualan. Sedangkan produk yang menjadi objek dalam industri ini adalah video permainan.

Sejarah perkembangan industri gim di Indonesia sendiri cukup Panjang. Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI) Andi Suryanto menjelaskan bahwa sejarah industri game di Tanah Air bisa ditarik 15 tahun ke belakang. Kala itu antusias masyarakat terhadap game mulai tinggi dengan kehadiran game konsol Nintendo atau Playstation.

“Zaman itu pelaku industri game di Indonesia kebanyakan hanya sebagai distributor, karena masih era game konsol," kata Andi Suryanto, dilansir dari Bisnis.

Era game konsol kemudian bergeser dan mulai masuk ke game online. Era ini terjadi sekitar tahun 2000-an. Salah satu game yang kala itu banyak menarik minat masyarakat adalah Ragnarok Online. Game ini dikembangkan oleh Gravity Corporation, developer game yang berbasis di Korea Selatan. Sedangkan di Indonesia, publisher game tersebut adalah PT Lyto Datarindo Fortuna.

Sekitar tahun 2002/2003 akhirnya muncul developer local yang menamai dirinya dengan Matahari Studios. Perusahaan ini didanai oleh investor asing di Indonesia, namun mengambil talent dari Tanah Air untuk mengembangkan game. Sejak saat itu munculah developer game lain  yang memiliki copyright sendiri.

Asosiasi Game di Indonesia

Semakin majunya industri game di Tanah Air memancing kelahiran developer game dari Indonesia. Beberapa developer yang banyak dikenal seperti Agate Studio, Altermyth Studio, Toge Production, dan masih banyak lagi.

Perkembangan game di Indonesia makin pesat. Bahkan kini muncul Asosiasi Game Indonesia (AGI). Organisasi tersebut bertujuan untuk mendukung dan mempercepat pertumbuhan industri video game di Indonesia.

“Kami dipimpin oleh para profesional aktif dengan pengalaman nyata di industri. Keanggotaan kami terdiri dari pengembang dan penerbit video game dari Indonesia. Kami berusaha menumbuhkan industri melalui pengembangan bisnis, pengembangan sumber daya manusia, dan advokasi regulasi,” dikutip dari situs resmi AGI.

Profesi dalam Industri Game

Kemajuan industri game di Indonesia secara tidak langsung memunculkan berbagai profesi baru dalam industri game. Beberapa profesi yang bisa dijalani oleh masyarakat adalah sebagai berikut.

  1. Game developer

Game developer  adalah profesi yang tugasnya merancang pemrograman dalam permainan digital. Untuk menjalani profesi ini, Anda harus tahu proses apa saja yang harus dilalui dalam pembuatan game.

  1. Game Designer

Game designer adalah profesi yang tugasnya mendesain atau mengonsep bagaimana game akan berjalan, di dalamnya mencakup memikirkan alur cerita, format, konsep, interaksi, item, peraturan, bahkan tema yang akan diusung.

  1. Technopreneur

Technopreneur adalah profesi yang berkaitan dengan bisnis dalam industri game. Misalnya, Anda bisa membentuk agensi game di Indonesia termasuk memasarkan produk.

Itulah informasi terkait industri game di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.