<i>Google News Showcase</i> Hadir di Slovenia, Google Akan Bayar Penerbit yang Berkualitas
Google luncurkan Google News Showcase di Slovenia (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google akhirnya meluncurkan Google News Showcase, program lisensi untuk penerbit berita untuk mendukung jurnalisme di Slovenia. 

"Google sudah memiliki perjanjian dengan enam organisasi berita nasional, regional, dan lokal dari Slovenia, yang memberikan liputan berita penting kepada orang-orang di seluruh negeri," kata Josko Mrndze, Country manager Adriatics region Google, dalam blog Google beberapa waktu lalu. 

Adapun keenam organisasi befita tersebut adalah Delo, Časnik Finance, Siol.net, Slovenske novice, Slovenska tiskovna agencija dan Styria Media si. 

Google News Showcase nantinya akan memberi lebih banyak cara kepada penerbit yang berpartisipasi di Slovenia untuk terlibat dengan pembaca dengan memberi mereka cara untuk menyusun berita melalui berbagai panel yang muncul di Google Berita dan Discover

Panel ini, yang mengarahkan pembaca ke artikel lengkap di situs web penerbit dan memberi penerbit berita lebih banyak kendali langsung atas presentasi dan branding mereka, serta membantu mereka lebih terlihat oleh pembaca setia. 

"Panel News Showcase dengan partner kami di Slovenia sudah mulai muncul pada 8 Desember, di Google Berita di Android, iOS, dan web, serta di Discover di iOS dan Android," pungkasnya. 

Sebagai bagian dari perjanjian Google dengan penerbit untuk News Showcase, raksasa penelusuran itu juga membayar organisasi berita yang berpartisipasi untuk memberi pembaca akses ke konten paywall mereka dalam jumlah terbatas. 

Dengan fitur ini berarti , pembaca dapat melihat lebih banyak artikel daripada yang dapat mereka lihat dan berpotensi berlangganan.

Google News Showcase adalah contoh model bagaimana Google memahami dan menghargai pentingnya berita berkualitas saat ini dan mendukung pembuat dan penerbit media profesional," ujar kata Nataša Luša, manajer umum Delo doo, harian nasional di Slovenia.