Elon Musk Targetkan Neuralink Bisa Implan Chip di Otak Manusia pada 2023
Neuralink  sedang mengembangkan antarmuka chip otak . (foto: tangkapan layar youtube neuralink/ary)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk mengatakan pada Rabu, 30 November  bahwa dia berharap chip otak nirkabel yang dikembangkan oleh perusahaannya, Neuralink, bisa memulai uji klinis pada manusia dalam enam bulan ke depan. Ini bisa dilakukan, setelah perusahaan tersebut melewatkan jadwal sebelumnya yang ditetapkan oleh CEO Tesla itu.

Neuralink  sedang mengembangkan antarmuka chip otak yang katanya dapat membantu pasien yang cacat untuk bergerak dan berkomunikasi lagi. Rabu lalu Musk juga menambahkan bahwa chip itu akan menargetkan pemulihan penglihatan.

Berbasis di Wilayah Teluk San Francisco dan Austin, Texas, Neuralink dalam beberapa tahun terakhir telah melakukan tes pada hewan saat mencari persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) AS untuk memulai uji klinis pada manusia.

"Kami ingin sangat berhati-hati dan yakin itu akan bekerja dengan baik sebelum menempatkan perangkat ke manusia," kata Musk selama pembaruan publik yang sangat ditunggu-tunggu pada perangkat tersebut.

Berbicara kepada kerumunan undangan terpilih dalam presentasi di kantor pusat Neuralink yang berlangsung hampir tiga jam, Musk menekankan kecepatan perusahaan mengembangkan perangkatnya.

"Kemajuan pada awalnya, terutama yang berlaku untuk manusia, mungkin akan tampak sangat lambat, tetapi kami melakukan semua hal untuk meningkatkannya secara paralel," ungkap Musk, dikutip dari Reuters. "Jadi, secara teori, kemajuan harus eksponensial."

FDA mengatakan tidak dapat mengomentari status atau keberadaan aplikasi produk potensial itu.

Menurut Musk, dua aplikasi manusia pertama yang ditargetkan oleh perangkat Neuralink akan memulihkan penglihatan dan memungkinkan pergerakan otot pada orang yang tidak dapat. "Bahkan jika seseorang tidak pernah memiliki penglihatan, seperti mereka dilahirkan buta, kami percaya kami masih dapat memulihkan penglihatan," kata Musk.

Presentasi publik terakhir Neuralink, lebih dari setahun yang lalu, melibatkan monyet dengan chip di otaknya, yang memainkan permainan komputer dengan berpikir sendirian.

Musk, yang juga menjalankan pabrik kendaraan listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, dan platform media sosial Twitter, dikenal memiliki tujuan mulia seperti menjelajahi Mars dan menyelamatkan umat manusia. Ambisinya untuk Neuralink, yang diluncurkannya pada tahun 2016, memiliki skala besar yang sama.

Dia ingin mengembangkan sebuah chip yang memungkinkan otak untuk mengontrol perangkat elektronik yang kompleks dan pada akhirnya memungkinkan orang yang lumpuh untuk mendapatkan kembali fungsi motorik dan mengobati penyakit otak seperti Parkinson, demensia, dan Alzheimer. Dia juga berbicara tentang menggabungkan otak dengan kecerdasan buatan.

Neuralink, bagaimanapun, berjalan di belakang jadwal yang ditargetkan. Musk mengatakan dalam presentasi tahun 2019 bahwa dia berharap untuk menerima persetujuan peraturan pada akhir tahun 2020. Dia kemudian mengatakan pada sebuah konferensi di akhir tahun 2021 bahwa dia berharap untuk memulai uji coba pada manusia tahun ini.

Neuralink telah berulang kali melewatkan tenggat waktu internal untuk mendapatkan persetujuan FDA untuk memulai uji coba manusia, kata karyawan saat ini dan sebelumnya.

Musk mendekati pesaing Synchron awal tahun ini tentang investasi potensial setelah dia menyatakan frustrasi kepada karyawan Neuralink tentang kemajuan mereka yang lambat, seperti dilaporkan Reuters pada Agustus lalu.

Synchron melewati tonggak utama pada bulan Juli dengan menanamkan perangkatnya pada seorang pasien di Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Mereka telah menerima izin dari pemerintah AS untuk uji coba manusia pada tahun 2021 dan telah menyelesaikan studi pada empat orang di Australia.