Fitur-fitur Aplikasi Oceanic+ yang Disebut Komputer Selam di Apple Watch Ultra
Apple baru saja mengumumkan aplikasi Oceanic+, yang tersedia untuk Apple Watch Ultra (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja mengumumkan aplikasi Oceanic+, yang tersedia untuk Apple Watch Ultra mulai Selasa, 29 November.

Dirancang oleh Huish Outdoors yang bekerja sama dengan Apple, aplikasi ini berfungsi sebagai komputer selam untuk scuba diving di kedalaman hingga 40 meter.

Oceanic+ memungkinkan pemakainya mengakses banyak informasi yang relevan untuk penyelam. Nantinya dengan Apple Watch Ultra, pengguna dapat menggunakan pengukur kedalaman dan sensor suhu air untuk mengumpulkan data tambahan.

Aplikasi akan menampilkan peringatan kepada penyelam jika mereka turun atau naik terlalu cepat dan akan menampilkan perkiraan waktu yang diperlukan untuk kembali ke permukaan.

Selain itu, penyelam juga dapat mengatur arah kompas saat menyelam. Ada juga perencana yang memperhitungkan pasang surut, suhu, jarak pandang, dan arus sebelum menyelam.

Fitur lain dari Oceanic+ termasuk umpan balik haptic dan komplikasi tampilan jam untuk waktu larangan terbang, waktu permukaan, akses cepat ke perencana penyelaman, pengaturan penyelaman, ketinggian saat ini, ketinggian maksimum yang diizinkan, dan tombol akses cepat untuk kembali ke aplikasi.

Melansir BGR, Selasa, 29 November, Oceanic+ tersedia di App Store dan memerlukan Apple Watch Ultra yang menjalankan watchOS 9.1 atau lebih baru yang dipasangkan dengan iPhone 8 atau lebih baru yang menjalankan iOS 16.1 atau lebih baru.

Paket dasar aplikasi ini gratis dan mencakup banyak fungsi penyelaman umum, termasuk kedalaman, waktu, dan log penyelaman terbaru.

Tetapi pengguna bisa membayar dengan 9,99 dolar AS setara Rp157 ribuan per bulan atau 79,99 dolar AS setara Rp1,2 jutaan per tahun, untuk mendapatkan akses ke pelacakan dekompresi, pemuatan jaringan, kapasitas buku catatan tak terbatas, dan banyak lagi.

Setelah menyelam, data seperti lokasi masuk dan keluar GPS akan ditampilkan di jam tangan bersama dengan ringkasan profil selam pengguna.

Aplikasi pendamping Oceanic+ untuk iPhone memberikan ringkasan pasca-penyelaman yang lebih mendetail, pasang surut selama tiga hari ke depan, dan banyak lagi.